Metro Pekalongan

Bhabinkamtibmas Diperintahkan Selalu Pantau Daerah Rawan Banjir

KOTA – Anggota Bhabinkamtibmas Polres Pekalongan Kota diminta selalu memonitor setiap perkembangan situasi yang terjadi di wilayah binaannya masing-masing. Khususnya, Bhabibkamtibmas yang bertugas di daerah rawan banjir.

Bhabinkamtibmas Diperintahkan Selalu Pantau Daerah Rawan Banjir
PATROLI – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pekalongan Utara saat melaksanakan patroli dan dialog dengan warga di salah satu kelurahan yang tergenang banjir, kemarin (20/1). DOK IST

Apalagi saat ini, seiring dengan datangnya dengan musim penghujan, sejumlah wilayah di Kota Pekalongan tergengan banjir. Misalnya saja sejumlah kelurahan di Kecamatan Pekalongan Utara, hingga kemarin (21/1) terpantau masih terjadi genangan akibat air hujan maupun akibat rob.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kapolsek Pekalongan Utara Kompol Parimin, Senin (21/1). Dirinya memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas untuk monitor perkembangan di kelurahan binaan masing-masing.

“Kita perintahkan personel Bhabinkamtibmas untuk patroli pagi hari maupun setiap saat, dan sasarannyapun khusus untuk memantau daerah-daerah mana saja yang terdapat genangan air atau banjir,” terang Kompol Parimin.

Harapannya dengan begitu, apabila ada daerah yang terkena banjir, akan bisa cepat diambil tindakan, baik evakuasi, pengamanan, dan sebagainya. “Jadi patroli ini juga sebagai bentuk antisipasi sekaligus menghadirkan negara di tengah-tengah warganya,” imbuh Kompol Parimin.

Apa yang diperintahkan Kapolres melalui Kapolsek itu, setiap hari juga sudah dilaksanakan para anggota bhabinkamtibmas setempat. Khususnya Bhabinkamtibmas di daerah rawan banjir. Misalnya saja yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara, Aiptu Tutut Winarto. Demikian pula yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Padukuhankraton Kecamatan Pekalongan Utara, Aipda Ismail, maupun beberapa anggota lainnya.

Mereka berpatroli untuk memantau keamanan warga di daerah binaannya, sekaligus memantau daerah rawan banjir. Patroli itu bahkan harus dilaksanakan dengan berjalan kaki, menyusuri permukiman warga yang tergenang banjir. Sesekali mereka berhenti dan menyapa warga.

Selain menanyakan kondisi lingkungan personel juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga sekitar. “Dari hasil pemantauan memang ada beberapa daerah yang tergenang air karena curah hujan beberapa hari ini. Memang cukup tinggi seperti salah satunya di Jalan Pramuka, namun warga masih aktivitas seperti biasa dan tidak ada yang mengungsi,” tutur Aipda Ismail, Bhabinkamtibmas Padukuhankraton usai berpatroli, Minggu (20/1).

Bintara Polri alumni SPN Purwokerto angkatan 2001 ini menambahkan bahwa apa yang dilakukannya sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap apa yang dirasakan warga sekaligus bentuk antisipasi terhadap bencana. “Patroli ini sebagai bentuk antisipasi, jadi setiap perkembangan bisa kita monitor dan laporkan kepada pimpinan dan juga bukti kehadiran polri di tengah-tengah warga,” tambahnya. (way)

Facebook Comments