Radar Kajen

Kecamatan Ini Sudah Bersih dari Warga yang Buang Air di Sungai

Pemkab Pekalongan melalui Tim Penggerak PKK ubah wajah wilayah Kecamatan Siwalan menjadi daerah bersih dari buang air besar di sungai. Sebelumnya Siwalan dikenal sebagai daerah yang memiliki jamban terpanjang di Kota Santri, karena terletak di sepanjang kali.

LANTIK – Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi saat melantik Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Rakon di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Senin (21/1). MUHAMMAD HADIYAN

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan, sebelum dijamah oleh Tim Penggerak PKK, Siwalan merupakan daerah yang memiliki jamban terpanjang karena terletak di sungai.

“Kini di daerah Siwalan tidak ada lagi yang membuang air besar di sungai, hal tersebut karena keberhasilan Tim Penggerak PKK yang sudah menyadarkan masyarakat,” katanya saat menghadiri pelantikan Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Rakon di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Senin (21/1).

Ia menamambahkan, wilayah Siwalan prosentase jambanisasi mencapai 79 persen yang awalnya hanya 10 persen.

“Jadilah inisiator seperti yang dilakukan di Siwalan guna memajukan Kabupaten Pekalongan. Bisa dimulai dari kegiatan kecil seperti bersih-bersih permukiman. Jika dilakukan secara rutin akan menjadikan kegiatan tersebut memiliki dampak besar,” katanya.

Pihaknya juga menyarankan para anggota PKK bisa menyeimbangkan antara tanggung jawab keluarga dan tuntutan sebagai anggota PKK.

“Berilah ilmu pada masyarakat dan memajukan masyarakat lewat program-program PKK. Karena akan menjadi panutan serta contoh bagi masyarakat sekitar dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan menuju arah positif merupakan perbuatan luhur,” tandas Bupati Asip. (yan)

Facebook Comments