Metro Pekalongan

Pemilihan Wawalkot, Persyaratan Kurang Lengkap

PEKALONGAN – Lambannya pemilihan Wakil Walikota bukan salah Walikota ataupun DPRD Kota Pekalongan. Pasalnya menyangkut soal teknis persyaratan kurang lengkap. Hal itu tentu kembali pada para calonnya masing-masing.

“Saat penyerahan ke partai pengusung, saya sudah sampaikan kepada para calon agar sudah lengkap. Namun saat itu dijawab, gampang nanti menyusul,” ungkap Pengurus DPC PKB Kota Pekalongan Nusron Hasa.

Nah, kata Nusron, karena syarat kurang lengkap itulah maka saat diserahkan Walikota ke DPRD, terpaksa pihak dewan mengembalikan berkas tersebut kepada Walikota.

“Jadi tidak ada yang salah, hanya kurang lengkap. Lagian untuk melengkapi persyaratan adalah pihak para calon, bukan walikota maupun birokrasi. Sekali lagi tidak ada yang salah dalam hal ini. Partai, Walikota, DPRD dan para calon tidak salah. Cuman memang syaratnya yang belum lengkap,” tandas Nusron.

Dia juga menyayangkan adanya statemen yang menyalahkan birokrasi pemerintahan. Bahkan Nusron dengan tegas menyebut jika tidak paham sebaiknya untuk bertanya lebih dahulu. Apalagi kalau di share dimedia sosial nanti ujung-ujungnya malu sendiri. “Bisa dibilang asal omong aja tanpa dasar,” tegasnya.

Disampaikan, baik pemkot maupun DPRD memang ambil sikap hati-hati, karena untuk pilihan wakil walikota ada aturan perundang-undangan yang harus ditempuh. Jika prosedurnya terlewati berdampak pada keabsahan. (dur)

Facebook Comments