Radar Batang

Belajar Mendidik Anak Lewat Film

BATANG – Ada yang berbeda dari kegiatan diklat berjenjang yang dilakukan Himpaudi Batang kali ini. Kegiatan diklat yang digelar beberapa waktu lalu ditutup dengan acara yang tak biasa. Yakni para peserta bersama-sama menonton pemutara film Keluarga Cemara di Bioskop XXI Pekalongan, Sabtu (19/1).

Belajar Mendidik Anak Lewat Film
TONTON – Para peserta diklat berjenjang saat menonton film Keluarga Cemara di Bioskop XXI Pekalongan, Sabtu (19/1). NOVIA ROCHMAWATI

Ketua Himpaudi Kabupaten Batang, Etika Umi Romlah, menerangkan hal ini dilakukan untuk membekali peserta bagaimana cara mendidik karakter anak. Kali ini dilakukan dengan cara menonton film Keluarga Cemara lantaran pihaknya ingin memberikan suasana pembelajaran baru.

“Kami ingin belajar dengan suasana baru, khususnya bagaimana cara untuk mendidik anak, seperti yang ada di film ini. Biasanya sebagai acara penutupan kami melakukan kegiatan outbound. Namun kali ini kami ingin ada hal yang berbeda. Jadi akhirnya kami pilih kegiatan menonton film ini. Dan setelah kami tonton ternyata banyak pesan dan cara penting dalam mendidiik karakter anak lewat film ini,” terang Etika.

Salah satu yang ingin ditanamkan oleh Himpaudi ini adalah bagaimana seorang pendidik paud bisa membantu orang tua dalam mendidik anak mereka. Sehingga nantinya ada kesinambungan pembelajaran di paud dengan apa yang diajarkan orang tua ketika di rumah. Utamanya terkait dengan pendidikan karakter anak.

“Dengan nonton bersama ini menjadi pendidikan pula untuk gurunya. Untuk mengajar kepada siswanya, dalam kondisi apapun, ternyata kalau anak dididik dengan kuat dan bagus, anak bisa pintar dan kreatif. Serta mampu hidup mandiri dan mengerti keadaan orang tua,” tandasnya. (nov)

Facebook Comments