Radar Batang

Amankan Produksi Padi, Dispaperta dan Kodim Ramai-ramai Basmi Hama

BATANG – Menindaklanjuti laporan petani terkait persebaran hama di Kecamatan Gringsing, Kodim 0736/Batang bersama Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) baru-baru ini melakuka gerakan penggendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) di area persawahan Desa Gringsing, Kecamatan Gringsing. Upaya itu diharapkan bisa mengamankan produksi padi di Kabupaten Batang.

Amankan Produksi Padi, Dispaperta dan Kodim Ramai-ramai Basmi Hama
PENYEMPROTAN – Kodim 0736/Batang bersama Dispaperta Kabupaten Batang menyelenggarakan Gerakan penggendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). M DHIA THUFAIL

Dandim 0736/Batang melalui Kasdim, Mayor Inf Raji mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mencegah berkembangnya hama yang merupakan OPT padi yang menyebabkan tanaman padi terserang penyakit hingga daun menguning dan mati.

“Kegiatan ini menjadi tindak lanjut dari laporan para petani dan pengecekan di lapangan oleh Babinsa dan PPL desa, yang menyatakan bahwa kondisi di lapangan sudah parah. Oleh karena itu, kami bersama Dinas Pertanian berkoordinasi dan memutuskan untuk melakukan Gerakan pengendalaian OPT secara bersama sama agar lebih maksimal,” katanya.

Hadir dalam kegiatan, Dandim 0736/Batang diwakili Kasdim Mayor Inf Raji, Kepala Dispaperta Batang diwakili oleh Koordinator POPTPHP Susbandoro, Pasiter 0736/Batang Kapt Inf Supirno, Koordinator PPL Kecamatan Gringsing Rohati, Camat Gringsing Drs Rusmanto MSi, Kapolsek Gringsing diwakili Ipda Agus Suprianto, Kades Gringsing Awali Naim, Ketua Poktan “Subur” Atmin beserta anggota, 12 Baminwanwil dari tiap Koramil, Pengamat hama Kecamatan Gringsing, Eko Supriyono.

“Kegiatan ini juga dilakukan guna menyelamatkan tanaman padi milik petani dan sebagai antisipasi meluasnya serangan hama yang menyerang tanaman padi. Diharapkan dengan adanya kegiatan penyemprotan tersebut hasil panen lebih maksimal sesuai dengan harapan dari petani ,” imbuh Kasdim.

Sedangkan Danramil 3/Gringsing, Kapt Cba Dwi Kristanto berharap, para kelompok tani segera melaporkan jika ada permasalahan dan kendala masalah pertanian kepada Babinsa atau PPL, sehingga dapat dibantu penyelesainya agar hasil panen bisa memuaskan.

Ketua Poktan “Subur”, Atmin menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0736/Batang dan Dispaperta. Sebab dengan adanya Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) hasil panen akan lebih maksimal dan mengalami peningkatan. (fel)

Facebook Comments