Radar Batang

Catat Tanggalnya, Batang Siapkan 35 Even Wisata Selama 2019

BATANG – Pemkab Batang berupaya untuk mempromosikan berbagai potensi gelaran wisata yang ada di wilayahnya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan membuat kalender even sepanjang tahun 2019 ini, di mana sekitar 35 even wisata siap memanjakan setiap wisatawan yang melakukan kunjungan ke Batang.

Catat Tanggalnya, Batang Siapkan 35 Even Wisata Selama 2019
NYADRAN GUNUNG – Prosesi nyadran gunung tahun sebelumnya. Nyadran Gunung di Desa Silurah Wonotunggal ini bakal menjadi salah satu event wisata di Batang tahun 2019 ini. DOK BATANG HERITAGE

Diharapkan, para pelancong pun dapat mengetahui waktu kapan yang tepat untuk mengeksplor dan menikmati berbagai destinasi wisata di Batang. “Tujuan kami membuat kalender wisata ini sebagai media promosi dan publikasi even wisata di Kabupaten Batang. Sehingga masyarakat yang ingin melancong ke Batang tak hanya bisa menikmati indahnya destinasi wisata yang ada di Batang. Tetapi juga bisa melihat sejauh mana kreativitas dan kemeriahan masyarakat dalam menggelar event,” terang Kepala Disparpora Batang, Wahyu Budi Santoso, saat diwawancara baru-baru ini.

Berbagai even tersebut tidak hanya yang dibidani dinas atau pemerintah daerah, tetapi juga kreativias masyarakat dan komunitas lokal. Wahyu berharap, kalender wisata bisa mendorong percepatan pengembangan pariwisata di Batang sekaligus mendukung program quick win wisata yang digagas Bupati Wihaji.

Program dimaksud merupakan promosi cepat empat destinasi wisata di tahun 2019, yakni Sikembang, Sigandu, Sikuping, dan Silurah. Tempat-tempat itupun tak hanya sekadar menyajikan destinasi wisata yang panoramanya memanjakan mata, namun juga menyajikan beberapa even wisata.

“Seperti nanti yang ada di bulan Januari ini, ada nyadran gunung Silurah. Di mana tak hanya ada wisata edukasi sejarah berupa arca dan punden berundak, tapi di sana juga ada even wisatanya berupa nyadran gunung. Selain itu juga di Sikuping nanti akan digelar lomba paralayang tingkat nasional, dan masih banyak destinasi wisata lainnya yang juga menawarkan even wisata menarik,” jelas Wahyu.

Selain itu, masih ada beberapa even wisata menarik lainnya, seperti Roban Fashion Week, rangkaian hari jadi kabupaten Batang 2019, Lomba Dayung tradisional, dan lainnya.

Salah satu event wisata di bulan Januari sendiri, yakni Nyadran Gunung di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, yang tengah memasuki tahap persiapan. Rangkaian kegiatannya akan digelar mulai 23-26 Januari mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Silurah bakal didampingi Komunitas Batang Herritage dalam penyelenggaraannya.

“Sejauh ini masih dalam tahap persiapan. Untuk rangakaian acaranya tak hanya ada tradisi nyadran gunung saja, tetapi juga ada hiburan tari tradisional, wokrshop, dan juga kegiatan lainnya. Nantinya juga bakal ada kirab kebo bule, bahkan juga ada tea and coffee trip. Kami persiapkan Nyadran Gunung kali ini seinovatif mungkin, tanpa meninggalkan tradisi yang sudah dipertahankan ratusan tahun ini,” ujar perwakilan Batang Herritage, Prasetiyo Widhi. (nov)

Facebook Comments