Radar Kendal

SWK ala KNPI, Peserta Dikenalkan Cara Promosi Produk Secara Online

KENDAL – Peserta Sekolah Wirausaha Kendal (SWK) diberi pelatihan tentang bisnis online. Pelatihan itu digelar di Laboratorium Komputer SMAN 1 Kendal, Sabtu (19/1). Pada pertemuan itu, DPD KNPI Kendal selaku penyelenggara SWK menghadirkan narasumber tim dari Gapura Digital Semarang, Rizqi Mulyantara dan Arief Budi Muttaqin dengan materi Google My Bisnis dan Google Site.

SWK ala KNPI, Peserta Dikenalkan Cara Promosi Produk Secara Online
DAPAT PELATIHAN – Peserta Sekolah Wirausaha Kendal (SWK) mendapatkan pelatihan tentang bisnis online. NUR KHOLID MS

Pelatihan yang juga diikuti beberapa peserta di luar anggota SWK itu, materi yang diberikan tidak hanya teori, akan tetapi peserta langsung praktek. Peserta dikenalkan manfaat google yang dapat digunakan untuk membantu promosi usaha atau promosi produk yang dijual oleh para wirausaha muda.

Salah satu pemateri, Rizqi Mulyantara mengatakan, saat ini sekitar 124 juta penduduk Indonesia atau sekitar 50 persen merupakan pengguna HP smattphone. Oleh karena itu, promosi lewat online merupakan keharusan jika ingin produknya dikenal masyarakat. “Kini eranya serba online, orang-orang mencari sesuatu yang paling mudah ya lewat online dengan searching di google, termasuk mencari barang yang dibutuhkan,” katanya.

Sementara pemateri lainya, Arief Budi Muttaqien menjelaskan, membuat website itu mudah dan ada yang gratis, seperti yang diajarkan kepada peserta. Jika sudah memiliki website, maka akan mudah memperkenalkan bisnisnya, karena tinggal memberikan link website yang di dalamnya bisa diisi foto-foto dan viedeo tentang produk yang dipromosikan. “Melalui website gratis ini sudah cukup untuk mempromosikan produk, terutama bagi pemula. Karena lebih mudah membuatnya,”ungkapnya.

Dari DPD KNPI Kendal, Olin Biojati mengatakan, promosi lewat online memiliki pengrauh yang besar terhadap penjualan. Untuk itulah peserta SWK diberikan materi tersebut dengan harapan agar usahanya bisa cepat berkembang. Bisnis online atau marketing online itu merupakan salah satu materi yang diberikan kepada peserta SWK, selain materi lainnya, seperti kunjungan wirausaha, motivasi dan lainnya. “Bisnis online atau marketing online ini harus dimiliki bagi pelaku wirausaha supaya penjualannya meningkat,” katanya. (nur)

Facebook Comments