Radar Pendidikan

Kampus Day, Motivasi Siswa Masuk Perguruan Tinggi

*MAS Simbangkulon

BUARAN – Dalam rangka memberikan motivasi kepada siswa kelas XII untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi, MAS Simbangkulon menggelar kegiatan Kampus Day pada Sabtu (19/1).

Kampus Day, Motivasi Siswa Masuk Perguruan Tinggi
MENDENGARKAN – Siswi MAS Simbangkulon tengah mendengarkan arahan dari Kepala Madrasah dalam acara Bursa Kampus, Sabtu (19/1). FAKHRUN NISA

Sekitar 25 Perguruan Tinggi (PT) negeri dan swasta turut andil dalam acara tersebut, diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sultan Agung, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga, UIN Walisongo, Unsiq Wonosobo, dan perguruan tinggi lainnya.

Sebelum bursa kampus dibuka, seluruh siswa kelas XII mendengarkan sosilisasi dari perwakilan masing-masing kampus serta arahan dari Kepala MAS Simbangkulon.

“Jenengan mau ke perguruan tinggi mana saja, monggo. Asalkan tawasuth tetap dijaga. Alumni yang sudah masuk ke perguruan tinggi terlebih dahulu, saya titip adik-adik agar betul diarahkan. Jangan sampai masuk ke organisasi yang berpaham radikalisme dan jangan sampai lepas dari aqidah,” pesan Kepala MAS Simbangkulon, Muslikh Khudlori.

Kegiatan Kampus Day digelar di dua lokasi yang berbeda, yakni di gedung putra dan gedung putri. Dalam Bursa Kampus tersebut siswa kelas X, XI, dan XII dipersilakan untuk datang dan mendapatkan informasi seputar perguruan tinggi di masing-masing stan yang telah disediakan. Siswa kelas XII dapat berkunjung pada pukul 09.00 WIB, sedangkan siswa kelas X dan XI bisa datang mulai pukul 10.00 WIB.

Guru BK MAS Simbangkulon, Syamsuddin Pasai menuturkan, kegiatan Kampus Day merupakan inovasi terbaru dari MAS Simbangkulon. Sebelumnya, kegiatan sosialisasi dari perguruan tinggi dilaksanakan per kelas sehingga memakan waktu yang banyak dan menganggu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Yang sudah berjalan kegiatan sosialisasi masing-masing kampus menyita waktu banyak sekali. Dari BK ada gagasan untuk menyatukan semua perguruan tinggi. Dikoordinir oleh Ikmal El Simbany atau Ikatan Alumni MAS Simbangkulon dan dijadikan satu,” jelasnya.

Ke depan, Kampus Day akan dijadikan kegiatan rutin dengan persiapan yang lebih matang sehingga bisa optimal dan maksimal. Syamsuddin Pasai berharap kegiatan tersebut dapat mempermudah siswa, khususnya kelas XII, untuk mendapatkan informasi seputar perguruan tinggi serta menjadi motivasi untuk rajin belajar.

“Siswa kelas XII menjadi mudah dalam mencari informasi perguruan tinggi sesuai minat dan bakat. Untuk kelas X dan XI, menjadi motivasi belajar dan mempunyai gambaran untuk ke perguruan tinggi, dengan melihat kakak-kakak kelas sebagai contoh. Mereka juga tahu bahwa untuk masuk ke perguruan tinggi tidak hanya satu jalur, tetapi ada banyak jalur, seperti SNMPTN, SBMPTN, ujian mandiri, dan lainnya,” tandasnya. (run)

Facebook Comments