Radar Pendidikan

Jalin Kerjasama Internasional, SMK Bina Utama Gandeng Perusahaan Jepang

KENDAL – Terbukti lebih maju dengan SMK lainnya dibuktikan oleh SMK Bina Utama Kendal. Kali ini teranyar sekolah tersebut meneken MOU dengan Nichini Shouji Corporation yang merupakan salah satu perusahaan asal Jepang. Penandatangan MOU tersebut dilaksanakan pada Kamis (17/1) lalu yang pada intinya perusahaan asal negeri matahari terbit tersebut membuka pintu bagi lulusan SMK Bina Utama untuk magang di Nichini Shouji Corporation.

DAMPAK MOU – Dengan adanya MOU dengan Nichini Shouji Corporation diharapkan proses magang ke Jepang bagi lulusan SMK Bina Utama semakin mudah. AKHMAD TAUFIK

Kepala SMK Bina Utama, Susandari SPd mengatakan bahwa MOU dengan Nichini Shouji Corporation merupakan kemajuan yang luar biasa di mana lulusan SMK Bina Utama khusus kelas Industri Jepang sudah dibukakan pintu untuk magang di Jepang meskipun tetap ada ujian terlebih dahulu untuk masuk ke perusahaan.

Perlu diketahui bahwa SMK Bina Utama menghadirkan Kelas Industri Jepang yang berisi siswa-siswa pilihan, jadi setiap jurusan rata-rata ada tujuh kelas dan satu kelas merupakan kelas Industri Jepang. Bahkan dalam Kelas Industri Jepang tersebut memiliki kedisiplinan tinggi dimana setiap siswanya harus menjalankan enam belas budaya Jepang yang diinisiasi dua tahun lalu.

Adapun budaya Jepang mulai dari selalu menaati peraturan, selalu bersemangat dan bersungguh-sungguh, melihat, mendengar dan berpikir, mencatat hal penting, memberi salam kepada guru, menjaga kesehatan diri, mengutamakan keselamatan, selalu tepat waktu, jika tidak tahu bertanya jangan diam saja,
ketika salah segera meminta maaf, ketika salah tidak tertawa, tidak meludah sembarangan, menjaga kebersihan diri dan sekitar, jam belajar untuk belajar bukan untuk bermain, buang sampah pada tempatnya, dan terakhir adalah selalu bersemangat demi masa depan.

“Dapat dikatakan Kelas Industri Jepang ini sangat istimewa karena harus mengikuti budaya Jepang dan bagi kami itu sangat bagus selain untuk contoh siswa dari kelas lainnya. Untuk siswa yang ada di Kelas Jepang sendiri beragam artinya kami terbuka untuk siapa saja yang memiliki kemauan meskipun berasal dari keluarga yang kurang mampu,” imbuhnya.

Demi menunjang kedisiplinan para siswanya, SMK Bina Utama memberikan Bimbingan Mental dan Fisik dengan bantuan anggota TNI dari Koramil 01 Kota Kendal. Bahkan mulai tahun ini pihaknya telah merintis program mondok/pondok pesantren. Alhasil, program tersebut membuahkan hasil yang positif, selain menjadi pionir dalam pembentukan sikap disiplin pertama di sekolah se-Kabupaten Kendal.

Sementara itu, Perwakilan Nichini Shouji Corporation, Mr Yamakura Mao mengatakan bahwa apa yang sudah dilakukan SMK Bina Utama dalam rangka penerapan pendidikan sudah bagus dengan fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Selain itu, sikap disiplin anak-anak Bina Utama juga sudah sangat bagus. Ia pun senang dengan adanya kerjasama ini karena dapat memfasilitasi anak-anak yang mau bekerja keras.

“Kami mewakili Nichini Shouji Corporation sangat terkesan dengan apa yang sudah ada di SMK Bina Utama, baik itu berkaitan dengan sistem pendidikan, fasilitas penunjang pembelajaran, dan juga kedisiplinan siswa-siswi SMK Bina Utama. Ia berpesan agar penerapan pendidikan karakter menjadi hal terpenting untuk menghasilkan lulusan yang bermoral,” ungkapnya. (fik)

Facebook Comments