Radar Jateng

Ingat, Hari Ini Tol Tak Lagi Gratis

PATROLI – PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku pengelola Jalan Tol Semarang Batang bakal menggencarkan patroli di Jembatan Pelengkung Kali Kutho. NUR KHOLID MS

Jalan Tol Semarang-Batang yang sepanjang kurang lebih 75 kilometer dan dibangun PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) bersama PT Waskita Karya Tol Road tidak lagi gratis. Sebab, mulai Senin (21/1) pukul 00.00 wib, pengelola jalan bebas hambatan itu telah resmi memberlakukan tarif alias berbayar, yakni dipatok Rp 75 ribu dari Pasekaran (Batang) hingga Kalikangkung (Kota Semarang).

Direktur Utama PT JSB, Arie Irianto mengatakan, pemberlakukan tarif tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Batang Semarang.

“Tarif Rp 75 ribu itu berlaku untuk jenis kendaraan golongan satu seperti sedan, jip, pikup, truk kecil, dan bus,” katanya, Minggu (20/1).

Dia mengungkapkan, ruas tol Semarang Batang bagian dari Tol Trans Jawa. Jalan tol tersebut dilengkapi lima gerbang tol (GT), yakni GT Kandeman di Batang, GT Weleri, GT Kendal, dan GT Kaliwungu ketiganya di Kabupaten Kendal, serta GT Kalikangkung di Kota Semarang.

Tarif ditentukan di mana pengguna tol masuk dan di mana mereka keluar, sehingga dihitung sesuai jarak yang ditempuh. Misalkan pengemudi masuk melalui GT Kendal dengan tujuan Pasekaran/Batang dikenakan biaya Rp 50.500.

“Sedangkan tujuan Kalikangkung Kota Semarang membayar Rp 24.500. Kami upayakan semua gerbang di tol Semarang Batang sudah bisa digunakan,” ungkapnya. (nur)

Facebook Comments