Politik

Kisi-kisi Debat Bikin Kaku, Paslon Terpaku pada ‘Contekan’ Jawaban

Perludem mengkritik penyelenggaraan debat perdana Rabu pekan lalu. Menurutnya, para paslon terlihat kaku dalam menjawab pertanyaan. (Derry Ridwansyah/JawaPos.com)

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengkritik pelaksanaan debat perdana Pilpres 2019. Salah satu yang dipermasalahkan soal bocoran kisi-kisi pertanyaan kepada dua paslon.

“Kita menganggap bahwa pertanyaan yang sudah diserahkan kepada paslon itu akan menjauhkan publik dalam menilai sejauh mana kedalaman masing-masing paslon,” kata Peneliti Perludem, Fadli Ramadhanil saat diksusi ‘Evaluasi dan Rekomendasi Debat Pilpres 2019’ di D’Hotel, Setia Budi, Jakarta Selatan, Minggu (20/1).

Menurut Fadli, dua paslon capres-cawapres yang mengikuti debat perdana beberapa hari lalu, terlihat terpaku pada jawaban yang sudah dipersiapkan. Penyebabnya diduga karena adanya bocoran pertanyaan dari KPU. ‎

Oleh karenanya, debat perdana tersebut kurang menimbulkan dialektika yang hidup antar dua paslon.

“Selama itu pula yang kami rasa buat paslon terlalu terpaku buat catatan-catatan jawaban yang telah disiapkan. Jadi tidak muncul dialektika yang cukup dinamis dalam proses debat karena mereka paslon sudah terpatri dengan jawaban yang dipersiapkan,” ucapnya.

Perludem meminta agar debat putaran kedua, KPU tidak perlu lagi m‎emberikan kisi-kisi pertanyaan kepada dua paslon. Hal itu, tekan Fadli, agar publik mengetahui kedalaman pengetahuan masing-masing paslon.

“Jadi cukup berikan tema besarnya saja, dan biarlah paslon menyiapkan diri serbaik-bainya dari begitu besarnya ruang lingkup tema,” tegasnya.

Diketahui, debat Pilpres 2019 putaran pertama telah digelar pada Kamis, 17 Januari 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Debat pertama yang diinisiasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengangkat tema seputar masalah Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, hukum, dan terorisme.

Debat putaran pertama tersebut diikuti oleh dua pasang capres dan cawapres yakni, pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin dan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. (jawapos)

Facebook Comments