Politik

Sandiaga Ingin Debat Pilpres Berikutnya Tanpa Penonton

Sandiaga Uno berkampanye di Kampung Nelayan Kenjeran (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

Banyak pengamat menilai debat Capres dan Cawapres Kamis lalu (17/1) kurang panas. Alasan utamanya, tidak ada gagasan baru dari kedua pasangan calon.

Generasi milenial yang kini melek politik, juga berpendapat sama. Mereka menganggap debat perdana pilpres 2019 belum terlalu meyakinkan.

Meski demikian, tidak bagi Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno. Menurutnya, debat memang tidak harus panas. Dia menganggap, debat perdana itu adalah ajang saling memahami visi misi masing-masing paslon.

“Nggak perlu panas. Yang penting, debatnya berjalan lancar dan perlu ada evaluasi untuk perbaikan kedepan,” kata Sandiaga di Kenjeran, Surabaya, Sabtu (19/1).

Sandiaga ingin debat Capres Cawapres berikutnya yang didesain lebih sederhana. Misalnya, tidak perlu mengundang banyak orang. Apalagi mengundang banyak pendukung.

Untuk itu, dirinya berharap debat berikutnya, lebih mendorong masyarakat untuk menonton di rumah. Bukan malah mengundang para pendukung, menonton langsung acara debat di lokasi.

“Dibikin senyaman mungkin dan difokuskan (bagi penonton) untuk menknton di rumah. Karena debat kemarin itu, bukan di studio, tapi di auditorium. Nanti kami sampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),” kata Sandiaga.

Ditanya soal materi debat, Sandiaga menyatakan setuju jika KPU tidak memberikan kisi-kisi. Menurutnya, pembahasan materi debat yang lebih mendalam akan dapat dihadirkan jika tanpa kisi-kisi.

“Saya sangat setuju. Karena akan membuat pembahasan, lebih mendalam atas tiap topik. Sehingga, tiap paslon akan bicara apa yang di hati dan pikiran mereka,” katanya. (jawapos)

Facebook Comments