Radar Kendal

Minimal 5 Relawan Demokrasi Tangani Satu Basis Kelompok Masyarakat

KENDAL – KPU Kabupaten Kendal telah mengumumkan 55 nama relawan demokrasi dari total 74 yang mendaftar. Nantinya setiap basis kelompok masyarakat yang menjadi sasaran sosialisasi kepemiluan akan diisi minimal 5 orang relawan.

inimal 5 Relawan Demokrasi Tangani Satu Basis Kelompok Masyarakat
PAHAMI BASIS – KPU Kendal saat melakukan pendaftaran relawan demokrasi. Relawan demokrasi harus mampu memahami dan memiliki kedekatan dengan basis kelompoknya. NUR KHOLID MS

Adapun 10 basis kelompok masyarakat dimaksud, yakni kelompok agama, pemilih muda, pemilih pemula, difabel, perempuan, netizen, keluarga, marjinal, berkebutuhan khusus dan komunitas, seperti klub motor dan lainnya.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, pengumuman peserta yang diterima dilakukan tanggal 17 Januari 2019. Pengumumanya dilakukan melalui website KPU Kendal. “Sejak 15 Januari 2019 sudah dilakukan wawancara, dan sudah kita umumkan,” katanya, Jumat (18/1).

Sementara itu Divisi Parmas dan SDM KPU Kendal, Catur Riris Yudi Pamungkas mengungkapkan, tiap-tiap basis kelompok diambil minimal 5 orang, sehingga dari 10 basis kelompok ada yang berjumlah 6 orang. “Karena yang dibutuhkan 55 orang, maka dari 10 basis kelompok tersebut ada yang berjumlah 6 orang,” katanya.

Catur menjelaskan, relawan demokrasi harus memahami dan memiliki kedekatan dengan basis kelompoknya. Pasalnya, tugas utama mereka adalah membantu KPU untuk sosialisasi tentang pemilu kepada basis kelompok yang dipilihnya. Oleh karena itu, selain wawancara, calon relawan juga harus membuat rencana kerja untuk kegiatan selama menjadi relawan. “Sebelumnya, calon relawan sudah diberi juknis tentang tugas relawan, sehingga harus bisa menyampaikan rencana kerja berdasarkan juknis tersebut,” ungkapnya.

Catur menambahkan, sebelum melaksanakan tugas, para relawan akan diberi bekal dan materi yang harus disampaikan kepada basis kelompoknya. “Nanti ada bimbingan teknis supaya kerjanya terarah sesuai dengan
followers minimal 2.000. Binteknya 20 Januari 2019,” pungkasnya. (nur)

Facebook Comments