Radar Jateng

Tabloid Provokatif Sudutkan Salah Satu Capres Beredar di Masyarakat

Tabloid yang isinya memojokan salah satu pasangan capres ini beredar di masyarakat. (RmolJateng)

Sebuah Tabloid provokatif kembali beredar di masyarakat menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Kali ini, Tabloid bernama Indonesia Barokah yang membuat warga resah.

Tabloid yang beredar luas di kabupaten Blora tersebut berisi berita yang menyudutkan pasangan calon (Paslon) Capres Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan mengatakan, Puluhan Tabloid tesebut ditemukan di sejumlah masjid-masjid di kabupaten Blora. Sedikitnya ada 50 Tabloid yang saat ini telah diamankan di kantor Bawaslu Blora.

“Sampai saat ini ada 50 eksemplar yang kita amankan dari 25 masjid di Blora. Barang bukti tersebut kita amankan pada Kamis sore setelah adanya laporan masyarakat,” kata Lulus saat ditemui di kantornya, Sabtu (19/1) siang.

Menurut Lulus, Tabloid tersebut dikirim melalui via pos. Tabloid dikemas menggunakan amplop coklat dan di dalamnya dibungkus plastik warna hitam.

Di amplop tertulis pengirimnya Redaksi Tabloid Indonesia Barokah, Pondok Melati, Bekasi. Masing-masing amplop berisi 2 sampai 4 eksemplar.

“Memang pengirimnya dari jauh, dari Bekasi. Dikirim lewat pos. Cuma kita tidak tahu kok bisa sampai sini,” tuturnya.

Lulus menjelaskan, isi berita dalam Tabloid tesebut kebanyakan menyudutkan salah satu Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto – Sandiaga Salahudin Uno. Berita dalam Tabloid tersebut seolah-olah menggiring opini masyarakat ke salah satu capres.

“Sekilas memang beritanya bukan hoax, tapi memframing salah satu capres. Nanti akan kita bedah dulu. Kita juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian mengenai ini,” tandasnya. (RmolJateng)

Facebook Comments