Radar Jateng

Mayat Ditemukan Menggantung di Mobil

Sesosok mayat pria berusia 30an tahun ditemukan di dalam mobil Gran Max putih B 2342 TZU. Mobil itu ditemukan di tepi Jalan Raya Kemutug Kidul Rabu (16/1) pagi tadi.

Mayat Ditemukan Menggantung di Mobil
Petugas kepolisian dan tim Inavis mengevakuasi jenasah pria yang ditemukan menggantung di mobil. (radar banyumas)

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK melalui Kasat Reskrim AKP Gede Yoga Sanjaya menyatakan, laporan penemuan mayat diterima Rabu pagi. Dari olah TKP yang dilakukan, mayat seorang pria ditemukan terikat tali di bagian leher di sebelah kiri kursi bagian depan.

“Untuk menyelidiki penyebab kematian dan mencari identitas korban, jenazah dibawa ke RSUD Margono untuk proses autopsi,” ujarnya.

Menurutnya, warga setempat menyebut ada bunyi benturan keras sekira pukul 02.00. Tapi, warga tidak menaruh curiga dan diduga bunyi tersebut adalah kecelakaan kendaraan.

Pagi harinya, saat warga melintas, mobil tersebut masih tergeletak di tepi jalan. Dengan kondisi roda kiri depan lepas.

“Saat warga mengecek, ternyata di dalam ada orang meninggal dunia. Posisinya terikat seutas tali, tapi di bagian kiri kemudi atau penumpang depan,” jelasnya.

Kejadian tersebut, langsung dilaporkan ke polisi. Polisi bertindak cepat dengan mendatangi lokasi kejadian, memasang garis polisi dan melakukan olah TKP.

Terpisah, dokter Puskesmas 2 Baturraden dr Joko Adi Pamungkas menyebutkan, berdasarkan visum yang dia lakukan, diketahui korban meninggal pada tengah malam. Sebab, saat dia memeriksa ada tanda-tanda pembengkakan pada tubuh korban.

“Keterangan warga ada kecelakaan jam 2, tapi korban diduga meninggal pada tengah malam atau sebelum jam 2 pagi,” terangnya.

Namun demikian, dia tidak dapat menduga penyebab kematian korban. Pasalnya, saat pemeriksaan, dirinya tidak dapat melihat jelas apakah terdapat bercak darah atau luka ditubuh korban, sehingga untuk hasil pastinya menunggu hasil otopsi dari RSUD Margono Soekardjo Purwokerto.

“Kemungkinan bunuh diri tidak bisa terlihat, karena posisi sulit tadi didalam mobil. Jadi saya blm memeriksa secara jelas, termasuk luka luka juga tidak terlalu jelas karena posisi sempit. Lebih pastinya nanti dari hasil otopsi forensik Margono ya,” ujarnya.

Di tempat lain, Kapolsek Baturraden AKP Mugiono mengatakan, korban belakangan diketahui bernama Toni Krisdiyanto (39) pria berKTP Desa Kedungwringin, Patikraja.

“Iya benar atas nama Toni, ini dibenarkan oleh sepupu korban yang tinggal di Kemutug Kidul,” jelas dia.

Menurutnya, saat ditemukan pintu mobil tidak dikunci dan kunci mobil masih menggantung. Selain kunci, polisi juga mengamankan barang bukti lainnya dari dalam mobil.

“Di dalam mobil ditemukan mesin genset, ada juga helm proyek,” ungkap dia.

Pantauan Radarmas, proses identifikasi dan evakuasi korban dari dalam mobil selesai sekira pukul 10.00. Usai diidentifikasi, korban dibawa ke RSUD Margono menggunakan mobil jenazah Polres Banyumas.

Sekira setengah jam kemudian, mobil Gran Max dievakuasi menggunakan mobil derek. Mobil tersebut dibawa ke Mapolres Banyumas sebagai barang bukti.

Kejadian ini, memancing rasa penasaran warga. Bahkan, warga yang menyaksikan peristiwa ini tak beranjak meski hujan mengguyur.

Untuk mempermudah petugas melakukan evakuasi, arus lalu lintas dari kedua arah sempat ditutup dan dialihkan ke jalur lain.

Pantauan di instalasi kedokteran forensik dan mediko legal RSUD Margono, proses autopsi selesai sekira pukul 16.00.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK menegaskan, berdasarkan hasil autopsi, diketahui korban meninggal dunia lantaran kekurangam oksigen. Diduga, hal itu disebabkan jeratan tali di leher korban.

“Memang ada luka di leher, luka jeratan yang membuat dia mengalami penyumbatan saluran pernafasan. Tapi masih kami telusuri lagi, memang dia bunuh diri atau hal lain,” tegasnya.

Untuk menjawab teka teki itu, Polres Banyumas bertindak cepat. Sejumlah saksi langsung dimintai keterangan.

“Masih kami periksa terus, teman-teman korban yang keluar bersamanya tadi malam. Mobil itu kan milik temannya yang keluar bareng semalam, dia pinjam mobil itu,” tandas dia. (mif)

Facebook Comments