Radar Kajen

Petani Durian Kebanjiran Order, Sehari Capai 300 Buah

KAJEN – Sejumlah petani dan pedagang buah durian di Desa Legok Kalong, Kecamatan Karanganyar, kebanjiran order. Hal ini dikarenakan saat ini telah memasuki musim durian.

BANJIR ORDER – Memasuki musim durian membuat sejumlah petani dan pedagang buah durian di Desa Legok Kalong, Kecamatan Karanganyar, kebanjiran order. TRIYONO

Tak jarang beberapa wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut berasal dari luar daerah Kota Santri. Dalam sehari, bisa terjual hingga 300an buah.

Berbagai varian durian, dari rasa manis dan legit, si raja buah tersebut membuat ketagihan beberapa orang yang menyempatkan mampir untuk mencicipinya.

Salah seorang petani durian di Desa Legok Kalong, Kholik Khairiyah (40) mengatakan saat ini para petani durian di desanya sedang melakukan panen raya sehingga stok buah durian melimpah.

“Durian dari desa kami dipesan hingga ke Wonosobo, Banjarnegara dan beberapa wilayah lainnya. Sehari kami bisa menghabiskan stok sampai 250 hingga 300 buah durian jika pemesan berdatangan,” paparnya.

Menurutnya, ratusan pohon durian milik Khairiyah bahkan tak mampu memenuhi pesanan yang terus berdatangan sejak akhir tahun lalu.
“Belum yang datang langsung ke rumah saya untuk membeli, karena di luar pesanan kadang sehari pengunjung yang datang bisa membeli 100 durian untuk dibawa pulang,” imbuhnya.

Khairiyah mematok harga untuk satu buah durian di kisaran harga Rp10 ribu hingga Rp200 ribu tergantung ukuran buah durian yang ia ambil dari kebun.

“Kalau yang kecil Rp10 ribu, tapi yang memiliki ukuran super bisa laku Rp200 ribu. Yang super ukurannya lebih besar dari helm, pembeli tak pernah menawar walaupun harganya Rp200 ribu untuk ukuran super,” ujarnya.

Sementara Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengakui potensi alam yang ada di Kabupaten Pekalongan khususnya durian menjadi idola bagi wisatawan.

“Maka dari itu setiap satu tahun sekali diadakan festival durian Lolong yang ada di Kecamatan Karanganyar, dan kemungkinan festival tersebut akan diadakan Februari mendatang,” imbuhnya. (yon)

Facebook Comments