Radar Pendidikan

Sekolah Harus Punya Produk Kebudayaan

Sekolah Harus Punya Produk Kebudayaan

TAMPILKAN – Tim Kesenian Tradisional SMPN 5 Batang saat tampil dalam HUT sekolah.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – Ketua Disdikbud Batang, Rakhmat N Fadilah SPd MSi berharap setiap sekolah memiliki produk unggulan, khususnya dalam kebudayaan. Hal ini tentunya dapat mendorong kemajuan Kabupaten Batang, khususnya dalam menyambut Batang sebagai Heaven of Asia 2022.

“Kami harap tiap sekolah punya produk unggulan. Utamanya dari bidang kebudayaan. Pasalnya sekolah sendiri menjadi wadah para agen kebudayaan Batang. Yakni calon generasi muda yang nanti akan menjadi bagian perwujudan Batang sebagai Heaven of Asia 2022,” terangnya saat diwawancarai, Rabu (29/11).

Pihaknya berharap tiap sekolah mampu menggali kearifan lokal Batang untuk dilestarikan. Pihaknya juga beberapa waktu lalu telah menyelenggarakan bimbingan teknis tari tradisional. Sehingga diharapkan sekolah dapat menindaklanjuti kegiatan tersebut.

“Kami apresiasi, geliat seni tradisional sendiri sudah cukup bagus di Batang. Seperti ada tarian babalu dan lainnya. Namun kami harap tiap sekolah bisa punya produk kebudayaan sendiri,” tegasnya.

Lebih dari itu, pihaknya juga berharap kebudayaan juga tidak dimaknai sebagai kesenian saja. Lebih dari itu kebudayaan sangat luas, salah satunya dengan penciptaan karakter masyarakat yang ramah. Hal tersebut perlu diwujudkan dalam menyambut Batang Heaven of Asia 2022.

“Sebenarnya budaya itu sangat luas. Oleh karena itu kita juga akan berperan dalam pembentukan karakter masyarakatnya. Salah satunya dengan memperhatikan pendidikan karakter di sekolah. Karena pendidikan karakter ini bakal ambil peranan penting untuk membendung budaya luar yang nanti bakal masuk ke sini,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments