Ilustrasi Gambar Detik.com
Metro Pekalongan

Kabar Gembira Bagi yang Diterima CPNS, Bulan Depan Sudah Kantongi NIP

KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 250 peserta CPNS Kota Pekalongan yang dinyatakan diterima, akan menjalani pemberkasan sebagai bagian dari proses pengangkatan sebagai CPNS. Pemberkasan dijadwalkan akan digelar pada 16 Januari mendatang dan ditargetkan selesai dalam satu hari. Targetnya, Februari mendatang CPNS Kota Pekalongan sudah mengantongi Nomor Identitas Pegawai (NIP).

“Peserta yang lolos sesuai pengumuman yang sudah kami terbitkan 28 Desember lalu akan menjalani pemberkasan pada 16 Januari mendatang. Dilaksanakan selama satu hari di Gedung Diklat,” terang Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kota Pekalongan, Budiyanto, Senin (14/1).

Syarat-syarat pemberkasan yang harus dilengkapi oleh peserta CPNS, sudah diumumkan lewat website. Budiyanto mengatakan, syarat tersebut sudah sesuai dengan rincian dari BKN. “Setelah pemberkasan selesai, akan dikirimkan ke BKN Yogyakarta antara tanggal 24 Januari hingga 30 Januari untuk diverifikasi kembali,” tambahnya.

Budiyanto menargetkan, pemberkasan untuk CPNS Kota Pekalongan dapat selesai sekitar tanggal 20 Januari sehingga masih ada jeda untuk dilakukan perbaikan jika ada kekurangan. “Karena kalau sudah sampai di Jakarta dan ada kekurangan, ini tidak bisa dapat NIP. Sehingga lebih baik kami kirim awal jadi ketika ada kekurangan bisa diperbaiki,” katanya.

Setelah pemberkasan tuntas, maka seluruh CPNS sudah mengantoni NIP sebagai identitas seorang Pegawai Negeri Sipil. Setelah mengantongi NIP, mereka akan menjalani diklat dasar (Latsar) atau yang sebelumnya disebut diklat pra jabatan pada Maret mendatang. Latsar akan digelar di Yogyakarta selama satu bulan bekerjasama dengan BKN Yogyakarta.

“Setelah mengantongi NIP dan selesai mengikuti Latsar, maka CPNS ini baru dapat disahkan. Maksimal mereka akan menjadi CPNS selama satu tahun sebelum diangkat sebagai PNS,” tandasnya. (nul)

Facebook Comments