Radar Batang

Wisata Batang Mulai Dilirik Wisatawan Mancanegara

BATANG – Meski belum tertata maksimal, program tahun kunjungan wisata yang digagas Bupati dan Wakil Bupati Batang ternyata sudah mulai menunjukkan geliat yang menjanjikan. Tak hanya angka kunjungan yang meningkat signifikan, wisatawan mancanegara pun belakangan mulai melirik destinasi wisata di Batang.

Wisata Batang Mulai Dilirik Wisatawan Mancanegara
WISATAWAN – Para pengelola wisata river tubing Deswita Pandansari menyambut ramah wisatawan luar asal Turki. DOK ISTIMEWA

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Batang, Wahyu Budi Santoso SSos MM mengatakan, pada tahun 2018 lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung di sejumlah objek wisata Kabupaten Batang mencapai ratusan ribu orang, baik dari wisatawan lokal maupun luar.

“Tahun 2018 kemarin, dari target kunjungan wisata sebanyak 450 ribu orang kita mampu melampauinya. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 300 an ribu orang wisatawan saja. Dan kedepan, pada tahun 2019 ini jumlah tersebut harus semakin terus meningkat,” kata Wahyu saat ditemui belum lama ini.

Menurut Wahyu, tingkat keberhasilan program kunjungan wisata selain dilihat dari indeks jumlah kunjungan wisatawan, juga dilihat dari seberapa banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Batang untuk menikmati sejumlah wisata yang ada.

“Dari laporan para pengelola objek wisata, wisatawan mancanegara sudah mulai berdatangan ke Batang. Jumlahnya tak sedikit, banyak. Dan tak hanya dari satu negara, melainkan berbagai macam negara,” paparnya.

Ia menyebut, tingkat kunjungan wisatawan pada libur Natal dan tahun baru(Nataru) kemarin, pihaknya berhasil membukukan penghasilan sehari Rp 117 juta. Bahkan Taman Hiburan Rakyat (THR) Kramat, yang biasanya sepi pengunjung hanya Rp 1 juta, bisa meningkat Rp 10 juta sehari.

“Total pendapatan hingga akhir tahun mencapai Rp 2.456.819.000. Artinya, pencapaian target akhir tahun tembus 104,5 persen. Dan untuk target tahun 2019 meningkat menjadi sekitar Rp. 2,800.000.000 miliar,” terangnya.

Namun dari meriahnya wisata Batang, pihaknya berharap tetap ada prioritas pembangunan fasilitas jalan. Hal ini sangat penting, karena masih banyak wisata lain yang akses jalannya sulit. Ada beberapa pantai serta curug yang sudah bisa dilalui mobil. “Kalau aksesnya mudah, pasti akan lebih banyak lagi pengunjungnya. Kami berharap sebelum musim Lebaran, akses jalan terpenuhi semua,” ujarnya.

Sementara itu, dijelaskan satu di antara pengelola wisata air river tubing Desa Pandansari, Kecamatan Warungasem, Immanudin, dalam waktu satu minggu, pihaknya mampu menerima kunjungan wisatawan yang mencapai 500 an orang lebih.

“Alhamdulillah, sudah banyak wisatawan yang mengenal dan mau menjajal wisata air kami. Dan yang cukup membanggakan bagi kami, dari sekian wisatawan lokal yang berkunjung, ada sejumlah wisatawan mancanegara yang sengaja datang untuk menjajal asiknya wisata air yang kami tawarkan,” jelasnya.

Adapun, kata dia, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke wisata ekstrimnya itu sekitar 20 orang lebih. “Ya, kami hitung ada 20 orang lebih wisatawan luar yang datang pada libur Natal dan Tahun Baru 2019 kemarin. Mereka berasal dari Pakistan, Amerika, dan Belgia. Rata rata mereka datang bersama keluarganya untuk menghabiskan masa liburan,” ucapnya.

Bupati Batang, Wihaji menambahkan, Pemkab Batang sempat memberikan imbauan kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di Batang agar berwisata di lokal Batang saja. Ada Pantai Sigandu, Pantai Ujungnegoro, Pantai Kuripan, Pantai Celong, Si Kucing dan Pantai Jodo yang semuanya punya karakter keindahan yang berbeda.

Sedang Batang bagian atas atau daerah dingin, ada Kebun Teh Pagilaran, Wana Wisata Sikembang, Rumah Pohon Tombo. Dan bagi masyarakat yang senang river tubing di Deswita Pansansari, Refting Kali Boyo, serta masih ratusan curug yang bisa didatangi.

“Objek wisata Batang tidak kalah dengan daerah lain. Batang itu heaven of Asia. Apa yang loe mau gue ada, wisatanya indah murah dan terjangkau. Makanya, saya perintahkan ASN berwisata di Batang saja,” pungkasnya. (fel)

Facebook Comments