Lain-lain

Warga Minta Perbaikan Bronjong yang Longsor

KOTA – Warga Kelurahan Sapuru Kebulen, meminta perbaikan bronjong sungai di wilayah Sapuro yang longsor. Permintaan itu disampaikan warga dalam momen sarasehan dan sepeda K3, Jumat (11/1) kemarin. Kondisi bronjong yang longsor, pertama kali diungkap oleh Lurah Sapuro Kebulen, Siti Zahroh.

Warga Minta Perbaikan Bronjong yang Longsor
JARING MASUKAN – Kegiatan sepeda sehat K3 yang digelar Pemkot Pekalongan setiap Jumat, digelar sekaligus untuk menjaring masukan dan usulan warga. DOK DINKOMINFO

Dia mengungkapkan, kondisi bronjong yang longsor segera butuh penanganan agar kerusakan tidak meluas. Pihaknya juga siap mengajukan usulan yang dibutuhkan agar kerusakan segera ditangani. Apa yang disampaikan Siti Zahroh, juga didukung salah satu warga, Yuli. Dia juga berharap agar perbaikan segera dapat dilakukan.

Menanggapi usulan itu, Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz menyatakan bahwa saat ini kewenangan Sungai Pekalongan ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Namun Pemkot Pekalongan berupaya untuk menjadi fasilitator atau penghubung. Namun Walikota berpesan bahwa masyarakat sekitar harus turut serta menjaga dan peduli. “Perbaikan yang dibantu oleh pemerintah ini tentu harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat agar peduli dan mau bergotong-royong,” terang Saelany.

Sementara Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih mengungkapkan bahwa kaitannya dengan bronjong sungai, penanganan fisiknya dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah. Namun Pemkot tetap harus mengajukan usulan anggaran. “Pada tahun ini PSDA Provinsi akan menangani Kota Pekalongan di sisi hilir yakni di wilayah Krapyak dengan program NSUP,” jelas Sri Ruminingsih.

Program NSUP ini untuk penangan kawasan kumuh di wilayah Krapyak dengan normalisasi sungai atau melebarkan sungai ke lebar semula. “Kalau anggaran NSUP dari pemerintah pusat dan provinsi, Pemkot menangani sinergi yang jadi kewenangan kita, seperti pembebasan lahan,” tandasnya.(nul)

Facebook Comments