Radar Batang

20 Irigasi Bakal Dibenahi, DPUPR Anggarkan Rp 9,1 M

BATANG – Tidak hanya jalan dan jembatan yang mendapatkan sentuhan anggaran di 2019. Pemkab Batang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) juga bakal membenahi total 20 saluran irigasi yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Kepala DPUPR Kabupaten Batang, Ir Ketut Mariadji
Kepala DPUPR Kabupaten Batang, Ir Ketut Mariadji

Kepala DPUPR Kabupaten Batang, Ir Ketut Mariadji mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk pekerjaan tersebut mencapai Rp 9,1 miliar. Pagu tersebut bersumber dari dua pos, yakni APBD II Rp 4,9 M dan DAK 4,2 M. “Sementra ini, anggaran yang sudah pasti ya dari dua sumber ini, APBD II dan DAK. Kalaupun ada dari Banprov, kan pagunya saja belum turun,” ungkapnya, baru-baru ini.

Dijelaskan Ketut, paket APBD akan menyasar 11 pekerjaan. Pertama, pembangunan saluran irigasi Kaliarus dengan pagu Rp 350 juta. Kedua, Jaringan Irigasi (JI) Teropong Desa Jolosekti Rp 1,2 M. Ketiga, saluran irigasi Sirumbing Reban Rp 250 juta. Keempat, JI Desa Posong Rp 600 juta. Kelima, JI Jetis Banyuputih Rp 800 juta. Keenam, JI Sumilir Sodong Rp 250 juta.

Berikutnya, Jl Segok Pecalungan Rp 750 juta. Delapan, JI Tasuran Pecalungan Gemuh Rp 150 juta. Sembilan, JI Jambu Lintang Gemuh Rp 150 juta. Sepuluh, JI Gumiwang Rp 200 juta.

Sementara paket DAK menyasar 9 pekerjaan, yakni Sedang 9 paket pekerjaan dari DAK, di antaranya pembuatan JI Karanganyar Rp 350 juta, JI Bolodewo Bawang Rp 900 juta, JI Jogoloyo Karanganom Rp 300 juta, JI aji Andap Bawang Rp 750 juta, JI Sirandu Tambakboyo Rp 280 juta, JI Gandu Pandan Subah Rp 230 juta, JI Pendok Giyono Rp 240 juta, JI Candi Bandar Rp 900 juta, dan JI Siluke Bandar Rp 400 juta.

Selain jalan dan irigasi, lanjut Ketut, pihaknya juga memiliki pekerjaan dari Bidang Tata Bangunan Lingkungan (Tabaling) senilai total Rp 2,2 M serta Tata Ruang mendapat anggaran Rp 810 juta. “Untuk Tabaling, kita ada beberapa pekerjaan, seperti pembangunan markas Polsek Kandeman, penataan paviliun rumah dinas bupati, lanjutan pembangunan rumah dinas Camat Limpung, dan lainnya,” terang dia.

Sementara untuk penataan ruang, anggaran akan direalisasikan untuk penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di empat kecamatan, yakni Kecamatan Bawang, Tersono, Batang, Dan Limpung. Kecuali itu, kata Ketut, tahun ini DPUPR juga mendapat limpahan pekerjaan dari Diskominfo, yakni menara telekomunikasi. (fel)

Facebook Comments