Almarhum Ipda Agung Sahono
Metro Pekalongan

Sedang Amankan Sosialisasi Caleg, Perwira Intel Polsek Meninggal Dunia

KOTA PEKALONGAN – Innalillahi wa innailaihi rojiun. Seorang anggota Polsek Pekalongan Barat Polres Pekalongan Kota meninggal dunia ketika sedang menjalankan tugas Operasi Mantap Brata (OMB) Candi 2019 dalam rangkaian pengamanan tahapan Pemilu 2019, Minggu (13/1). Almarhum adalah Ipda Agung Sahono, yang menjabat sebagai Perwira Unit (Panit) I Intelkam Polsek Pekalongan Barat.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kasubbag Humas Iptu Suparji, menuturkan Ipda Agung Sahono meninggal dunia saat pelaksanaan tugas pengamanan kampanye atau sosialisasi salah satu Caleg Partai Demokrat di Kota Pekalongan. Menurut Iptu Suparji, berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis RSUD Bendan Kota Pekalongan pada Minggu (13/1) sekira pukul 11.45 WIB, almarhum Ipda Agung Sahono meninggal dunia karena sakit.

“Yang bersangkutan mempunyai riwayat sakit jantung dan asma,” jelasnya kemarin.

Suparji menjelaskan kronologis meninggalnya almarhum.

Pada hari Minggu (13/1) sekira pukul 10.00 WIB Ipda Agung Sahono Jabatan Panit Intelkam Polsek Pekalongan Barat Polres Pekalongan Kota berdasarkan surat Perintah Kapolres Pekalongan Kota Nomor: Sprin/1/I/OPS.1.1.1/2019 tanggal 1 Januari 2019 tentang Operasi mantap Brata Candi 2019 telah melakasanakan giat Pengamanan Tertutup giat Kampanye/Sosialisasi Caleg Partai Demokrat bersama Personel Polres Pekalongan Kota dan Intel Korem 71 Wijaya Kusuma.

Kegiatan dimaksud dilaksanakan di rumah Siti Robayah, di Jalan Singosari Perum Gama Permai, Kelurahan Prigrejo, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Pada saat kegiatan sudah mulai berlangsung, sekira pukul 11.10 WIB Ipda Agung Sahono merasa suhu badannya panas, kemudian menyampaikan ke rekan Polres Pekalongan Kota yang lainnya (Iptu Agus Sunyoto, Aiptu Riatrianto, dan Bripka Toni Herdiyanto) bahwa dia hendak keluar ruangan agar tidak gerah, dan terlihat aktivitas mendokumentasikan kegiatan dan melakukan komunikasi via telpon dengan personel OMB yang jaga di Gudang KPUD. Selang beberapa menit kemudian diketahui kalau Ipda Agung Sahono tergeletak/pingsan di garasi atau luar lokasi kegiatan.

“Melihat kondisi Ipda Agung Sahono sudah pingsan dan lemas, selanjutnya Personel Polres Pekalongan Kota yang sedang melaksanakan pengamanan memberikan pertolongan, Ipda Agung Sahono dibawa ke RSUD Bendan,” terangnya.

Setelah sampai di ruang UGD RSUD Bendan selanjutnya Ipda Agung Sahono sempat diberikan bantuan atau tindakan medis di ruang IGD. Tim medis melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan mendapati tanda-tanda vital (tensi, nadi, nafas, dan suhu) sudah tidak teraba. Selain itu memberikan tindakan medis lainnya yang diperlukan. Namun ternyata Yang Maha Kuasa berkehendak lain. “Dokter menyatakan Ipda Agung Sahono telah meninggal dunia,” tuturnya.

Iptu Suparji menambahkan, jenazah Ipda Agung Sahono selanjutnya dibawa ke rumah duka di Perumahan Griya Tirto Asri (GTA), Jalan Tulip I Desa Tanjung, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan. “Untuk rencana pemakaman akan dilaksanakan pada hari Senin 14 Januari 2019 pukul 09.00 di TPU Sapuro, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan,” imbuh dia. (way)

Facebook Comments