Tahun Ini Jembatan Kalikeruh Dibangun, Dianggarkan Rp18M

by
DIBUKA - Setelah peresmian Jembatan Kaligenteng Kecamatan Kandangserang, ditahun 2019 ini pembangunan Jembatan Kalikeruh yang putus akibat diterjang banjir bandang akan mulai dibangun. TRIYONO

KAJEN – Setelah peresmian Jembatan Kaligenteng Kecamatan Kandangserang, di tahun 2019 ini pembangunan Jembatan Kalikeruh yang putus akibat diterjang banjir bandang akan mulai dibangun. Adapun anggaran melalui Pemprov Jateng senilai Rp 18 miliar.

DIBUKA – Setelah peresmian Jembatan Kaligenteng Kecamatan Kandangserang, ditahun 2019 ini pembangunan Jembatan Kalikeruh yang putus akibat diterjang banjir bandang akan mulai dibangun. TRIYONO

Seperti diketahui, Jembatan Kalikeruh Ambrol akibat diterjang banjir bandang setelah diguyur hujan lebat beberapa jam pada Februari 2018 lalu. Jembatan Kali Keruh sepanjang 30 meter dengan lebar 3 meter yang menghubungkan Desa Luragung, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, dengan Desa Medayu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, pun putus sejak saat itu.

Akibat jembatan runtuh, akses antar dua kabupaten untuk wilayah selatan atau pegunungan terputus total. Sedangkan dari badan jembatan sepanjang 30 meter itu sekitar 20 meter hilang tergerus aliran Sungai Kali Keruh.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan bahwa selain Jembatan Kaligenteng, Jembatan Kalikeruh di Desa Luragung Kecamatan Kandangserang juga mengalami kerusakan. Namun tahun ini akan mulai dikerjakan perbaikannya.

Menurutnya, Jembatan Kalikeruh berada diperbatasan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang, untuk pembangunannya kami sudah berkoordinasi bersama Gubernur Jateng.
“Ya, rencananya akan dibangun mengunakan dana bantuan Provinsi Jateng sebesar Rp 18 miliar. InsyaAllah tahun ini akan dimulai pekerjaanya,” kata dia.

Dengan dibangunya jembatan Kalikeruh yang baru, lanjut dia, maka akses antar wilayah Kabupaten Pemalang – Kabupaten Pekalonga. Bisa kembali lancar. Sehingga warga tidak harus lagi memutar labih jauh lagi.

“Mudah-mudahan proses pembangunan tidak menemui kendala,” imbuhnya.

Sebelumnya, setelah melalui proses cukup panjang, Kamis (9/1), Jembatan Kaligenteng Desa/ Kecamatan Kandangserang yang baru akhirnya diresmikan. Pembangunan jembatan ini menelan anggaran Rp 6 miliar dengan konstruksi menggunakan balok girder. Jembatan Kaligenteng telah diresmikan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi. (yon)