Radar Kajen

Pemohon Kartu Kuning Meningkat, Didominasi Pelamar CPNS

KAJEN – Sudah hampir sepekan ini pelayanan pencetakan surat pencari kerja atau surat AK1 di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPT SP NAKER) Kabupaten Pekalongan, meningkat drastis. Banyak pemohon meminta surat AK1 atau kartu kuning sebagai persyaratan pemberkasan CPNS.

Pemohon Kartu Kuning Meningkat, Didominasi Pelamar CPNS
KARTU KUNING – Jumlah pemohon pencetakan kartu kuning di Dinas PM PTSP NAKER Kabupaten Pekalongan meningkat. MUHAMMAD HADIYAN

Peningkatan jumlah permintaan kartu kuning ini mencapai 300 persen dari hari biasannya. Mereka didominasi oleh pelamar CPNS yang lolos SKB.

Kabid Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Dinas PM PTSP NAKER Kabupaten Pekalongan, Marhaeni mengatakan, jumlah pemohon meningkat karena untuk persyaratan pemberkasan CPNS. Pemohon dari kalangan pencari kerja hanya sekitar 20 persen dari total warga yang meminta penerbitan surat AK1 tersebut.

“Rata-rata karena untuk syarat pemberkasan,” kata Marhaeni.

Peningkatan jumlah pemohon ini, sudah berlangsung sejak pekan kemarin. Sebenarnya, lanjut dia, pemohon bukan kebanyakan bukan mereka yang tak punya pekerjaan, melainkan mereka yang ingin bekerja di tempat lain.

“Rata-rata mereka sudah bekerja. Pencetakan kartu AK1 hanya untuk syarat melamar kerja atau ada juga yang untuk pemberkasan,” jelasnya.

Meski terjadi peningkatan pemohon, namun menurutnya, jumlah permintaan AK1 tak sebanyak saat musim kelulusan siswa SMA.

“Masih belum terlalu banyak bila dibanding dengan saat setelah kelulusan siswa,” tambah dia.

Dikatakan, selain pelayanan penerbitan kartu kuning atau surat AK1 gratis, para pemohon juga kini dipermudah dengan adanya layanan registrasi lewat online.

“Sekarang sudah bisa diakses lewat android. Untuk penerbitan surat pencari kerja,” imbuh Marhaeni. (yan)

Facebook Comments