Radar Pendidikan

Rutin Gelar Latihan Gerakan Kepanduan

*MI Salafiyah Karanganyar 02

TIRTO – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Karanganyar 02 menjadi satu madrasah di Kecamatan Tirto, yang rutin menggelar kegiatan latihan kepramukaan. Kegiatan dilangsungkan setiap minggu sebagai salah satu langkah pendalaman nilai-nilai kepanduan bagi para peserta didik.

Rutin Gelar Latihan Gerakan Kepanduan
BELAJAR – Suasana kegiatan belajar siswa MI Salafiyah Karanganyar 02. EKA ISDITYA

Setiap seminggu sekali, pihaknya rutin menggelar latihan pramuka yang dilaksanakan setiap Ahad siang. “Alhamdulillah latihan pramuka telah rutin kami laksanakan, setiap hari Ahad jam 2 siang,” ujar Kepala MI Salafiyah Karanganyar 02, Ahmad Shobir SPdI.

Tak hanya para siswa di tingkat pramuka penggalang, di tingkat pramuka siaga pihaknya juga rutin menggelar kegiatan latihan. Selain sebagai salah satu langkah preventif terkait penanaman nilai-nilai kedisiplinan, tanggung jawab, hingga kreativitas, kegiatan rutin tersebut juga dimaksudkan sebagai langkah persiapan jelang berbagai event di tingkat pramuka siaga maupun penggalang yang senantiasa dilangsungkan setiap tahunnya.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu persiapan. Kami tidak ingin saat mendekati lomba anak-anak di forsir latihan sampai meninggalkan jam pelajaran kelas. Lebih baik dengan melakukan latihan-latihan rutin, baru nanti saat mendekati event kami lakukan pendalaman,” jelasnya.

Langkah tersebut dipilih sebagai cara bagi MI Salafiyah Karanganyar 02 untuk dapat aktif di bidang kepramukaan.

Diceritakan, prestasi MI Salafiyah Karanganyar 02 di bidang kepramukaan telah cukup banyak diketahui. Salah satunya yakni ketika berhasil menjadi regu tergiat I putra dan putri dalam ajang Jambore Ranting Tirto yang digelar Agustus 2018 lalu. (yak)

Facebook Comments