Gedung Bagus, Pelayanan Harus Meningkat

by
GUNTING PITA - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti menggunting pita tanda peresmian Gedung Baru Dindukcapil Kabupaten Pekalongan, di Kajen, kemarin. MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meresmikan Gedung Baru Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Pekalongan siang kemarin (10/1). Dengan diresmikannya gedung baru tersebut, diharapkan mutu pelayanan pun semakin baik.

GUNTING PITA – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti menggunting pita tanda peresmian Gedung Baru Dindukcapil Kabupaten Pekalongan, di Kajen, kemarin. MUHAMMAD HADIYAN

Menurut Bupati, gedung yang baru dan dibangun megah tersebut harus diimbangi dengan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama dalam pengurusan dokumen pribadi.

“Semoga dengan pembangunan gedung baru ini bisa meningkatkan kenyamanan masyarakat saat mengurus dokumen serta merasa dilayani sepenuh hati. Saya tekankan bahwa gedung itu adanya di hati, Jika gedungnya bagus tapi pelayanannya tidak baik, ya tidak ada artinya,” jelasnya.

Bupati Asip menambahkan, segala kepengurusan dokumen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pekalongan tidak dipungut biaya atau gratis.

“Pembangunan gedung baru Dindukcapil menelan biaya sekitar Rp 4,5 milyar dari dana APBD, saya tekankan sekali lagi supaya dapat meningkatkan pelayanan publik di Kota Santri,” tuturnya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati dan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Hj. Arini Harimurti. Disaksikan Ketua DPRD Hindun, Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha, beserta unsur Forkompinda lainnya. Tampak pula Sekda Mukaromah Syakoer, beserta para Asisten, para Staf Ahli Bupati dan para Kepala OPD se Kabupaten Pekalongan.

Sementara itu, Kepala Dindukcapil Kabupaten Pekalongan Risnoto menjelaskan, kegunaan pembangunan gedung baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk gedung lantai bawah kita khususkan untuk pelayanan, seperti catatan sipil dan kependudukan yang juga terdapat ruang laktasi bagi ibu-ibu menyusui pada saat mengurus dokumen. Sedang untuk lantai atas untuk ruang kepala dinas, ruang rapat dan tata usaha atau kesekretariatan. Kita akan mulai pindah ke gedung baru pada Senin depan (14/1), sementara pelayanan masih dilakukan di Gedung BLK,” katanya. (yan)