Radar Batang

Dikunjungi Walikota Hebron, Wihaji Tawarkan Kerjasama Budaya

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang cukup berbangga mendapat kehormatan menjadi tuan rumah dalam kunjungan kerja Wali Kota Hebron, Palestina, Tayseer Abu Sneineh ke Indonesia, Rabu (9/1). Bupati Wihaji berharap ada kerjasama yang bisa dibangun kedua daerah, terutama soal budaya.

TERIMA CINDERAMATA – Bupati Wihaji menerima cinderamata dari Walikota Hebron, berupa lukisan karikatur tentang Palestina. M DHIA THUFAIL

Kedatangannya didampingi Pimpinan Pondok Modern Tazaka, karena sebelumnya dia terlebih dulu mengunjungi pondok pesantren yang ada di Desa Sidayu, Kecamatan Bandar itu. Sesampai di komplek Pemkab, dia disambut hangat Bupati Wihaji, Sekda H Nasikhin, dan Asisten III Sekda, Ripyono.

“Saya tadi sempat mengenalkan beberapa objek wisata dan kebudayaan di Kabupaten Batang. Karena harapan besar kita, ada wisatawan dari Palestina sengaja datang ke Batang untuk menikmati sejumlah wisata yang ada di Batang,” kata Wihaji.

Menurut Wihaji, pertemuan tersebut merupakan pertemuan pertamanya untuk saling memperkenalkan daerahnya masing-masing. Dia berharap akan ada kunjungan lanjutan guna membahas kerjasama di bidang budaya, pertanian, dan ekonomi kreatif.

“Saya kira lebih pada pendekatan budaya, tidak ada perbincangan politik luar negeri. Ini kunjungan atas kerjasama Majelis Ulama Indonesia dan Batang ditunjuk sebagai tempat kunjungan, yang sebelumnya juga berkunjung ke Kota Malang,” paparnya.

Sementara dijelaskan Wali Kota Hebron, Tayseer Abu Sneineh, dirinya sangat terkesan sekali dengan Kabupaten Batang. Apa yang telah disampaikan Bupati terkait potensi di bidang pertanian dan ekonomi menurutnya sangat luar biasa.

“Ini mungkin menjadi sumber harapan kami warga Palestina dari Bangsa Indonesia, terutama masyarakat Batang, untuk memberikan kontribusi yang banyak bagi kemerdekaan Palestina agar bisa hidup dengan damai,” ucapnya.

Ia juga berharap akan ada kunjungan balasan dari Pemerintah Kabupaten Batang ke Kota Hebron, Palestina, sehingga akan terjalin komunikasi yang baik untuk kemajuan dua daerah Kota Hebron dan Kabupaten Batang. Sebelumnya, Tayseer Abu Sneineh juga memperkenalkan daerah yang dipimpinnya sebagai pemukiman berperadaban kuno dan telah diakui UNESCO sebagai kota warisan dunia. (fel)

Facebook Comments