Bekali Siswa dengan Life Skill

by
EKSTRA - Salah satu kegiatan ekstra penunjang karakter relegiun di SMA Hasyim Asyari. MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – SMA umumnya hanya fokus pafa sistem pembelajaran, namun berbeda dengan SMA Hasyim Asyari, ia tampil beda dengan membekali siswa dibidang life skill dan bisa diadu.

EKSTRA – Salah satu kegiatan ekstra penunjang karakter relegiun di SMA Hasyim Asyari. MALEKHA

Demikian disampaikan Kepala SMA Hasyim Asyari Drs Masoet kepada Radar Pekalongan, Selasa (7/1). “Sebagai SMA kami memang agak sedikit berbeda dengan SMA lainnya, kami punya istilah ekstra life skill untuk anak didik kami. Jadi ketika mereka lulus meskipun berasal dari SMA tapi mereka punya life skill untuk bekal mereka yang ingin bekerja,” ungkap laki-laki yang disapa Masoet ini.

Life skill menjadi unggulan dari SMA Hasyim Asyari adalah laboratorium otomotif, tata busana, tata boga, dan tata rias. Siswa bisa mengikuti program life skill setelah selesai pembelajaran formal di kelas, konsepnya dibuat hampir sama dengan SMK.

“Life skill di sekolahnya memang mirip dengan SMK, meskipun basis kami adalah SMA, karena tujuan utama membentuk life skill adalah membekali anak didik setelah mereka lulus dan punya pilihan peluang life skill di masyarakat,” tuturnya.

Masoet menambahkan, latar belakang berdirinya Life skill sebenarnya berangkat dari kekhawatiran pendidikn SMA, karena sejauh ini minat siswa lulusan SMP lebih condong mendaftar ke SMK. Oleh karenanya ia merasa perlu melakukan evaluaai dan terobosan untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan siswa.

Laki-laki yang hobi membaca ini berharap, life skill ini mampu meningkatkan kualitas dan menjadi ciri khas tersendiri bagi SMA Hasyim Asyari sehingga kedepan bisa lebih baik dan bisa menjawab tantangan zaman akan kebutuhan masa depan. (mal)