Cegah Rob, Empat Muara Sungai akan Dibendung

by
TANGGUL - Tampak lokasi pembangunan tanggul melintang penahan rob di wilayah pesisir Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, kemarin. MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Rencana penutupan empat muara sungai yang masuk dalam lokasi proyek tanggul melintang di pesisir Pekalongan tampaknya bukan isu belaka. Empat muara sungai di pesisir ini akan dibendung bersama melintangnya mega proyek nasional tanggul raksasa penahan rob.

TANGGUL – Tampak lokasi pembangunan tanggul melintang penahan rob di wilayah pesisir Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, kemarin. MUHAMMAD HADIYAN

Berdasarkan informasi yang didapat, keempat muara sungai tersebut, meliputi Sungai Mrican, Sungai Tratebang, Sungai Bremi dan Meduri. Jika memang iya, maka kemungkinan tak ada pembangunan parapet di sepanjang tepi sungai-sungai tersebut.

Menurut pelaksana di lapangan, Ahmad Djanuzi, memang ada rencana dari pusat untuk menutup atau membendung muara sungai tersebut. Hanya beberapa sungai saja. Hal itu dilakukan agar air laut tidak masuk ke permukiman.

“Kalau tidak ditutup, rob tetap bisa masuk lewat sungai. Rencananya yang kami dengar akan ditutup, dan airnya nanti dipompa ke laut,” jelasnya.

Jika memaksa membangun parapet di sungai-sungai tersebut, lanjut dia, air laut tetap bisa masuk. “Air tetap bisa masuk kalau pakai parapet. Sebab, rob bisa lewat lewat sungai karena hilirnya tidak dubendung,” tandasnya.

Namun, sambung Ahmad, hal itu masih tetap dalam kajian pusat. “Itu pusat yang nentuin,” kata dia.

Kabar terkait rencana penutupan muara sungai di pesisir ini juga tidak dibantah Kepala DPU TARU Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro. “Memang kelihatannya begitu. Sungai Mrican, Tratebang dan nyari sungai Bremi-Meduri akan ditutup,” kata Wahyu.

Meski demikian, sambung dia, untuk Sungai Sragi Baru dan Sungai Sengkarang, masih tetap dibuka. Sebab, dua sungai itu arusnya masih hidup dan merupakan pertemuan dari banyak sungai.

“Kalau sungai Sengkarang tidak ditutup, sebab hulunya jelas dari atas. Paling untuk Sungai Sengkarang dan Sragi Baru, akan diperkuat tanggul sungainya. Hanya sungai-sungai kecil saja yang dibendung muaranya,” tandasnya.

Soal kabar penutupan muara sungai itu, pihaknya memastikan sosialisasi ke masyarakat setempat sudah dilakukan. Sebab, sebagian warga di pesisir juga sudah tahu. (yan)