Kembangkan Keahlian Anggota dengan Diklatama

by
FAKHRUN NISA
MENGGELAR – DKAC CBP dan KPP Pekalongan Barat menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pertama (Diklatama).

Sebanyak 40 anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di Kecamatan Pekalongan Barat mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pertama (Diklatama) yang diselenggarakan selama empat hari, yakni sejak Kamis (27/12) hingga Minggu (30/12). Kegiatan diselenggarakan di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Curug Tirto.

Kegiatan Diklatama digagas Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) Pekalongan Barat, yang berada di bawah naungan Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU dan IPPNU Pekalongan Barat.

“Melalui kegiatan ini kita ingin mewujudkan anggota IPNU dan IPPNU yang loyal, serta mengembangkan keahlian kader IPNU dan IPPNU dalam teknis kegiatan di lapangan,” ujar Ketua PAC IPNU Pekalongan Barat, Dian Saputra.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari, para peserta yang berasal dari ranting-ranting se Kecamatan Pekalongan Barat tersebut mendapatkan sebelas materi, antara lain Ke-NU-an dan Keaswajaan, IPNU dan IPPNU, CBP dan KPP, kesehatan lapangan, wawasan kebangsaan, kepemimpinan, bela diri, Pecinta Alam, Peraturan Baris-Berbaris (PBB), lalu lintas, dan Search and Rescue (SAR).

“Kami mengundang para pemateri yang mumpuni di bidangnya. Untuk materi Ke-NU-an dan keaswajaan kami mengundang MWC NU Pekalongan Barat, IPNU IPPNU diisi oleh pimpinan cabang langsung. Selain itu, kami juga mengundang Kodim 0710 Pekalongan untuk mengisi materi kesehatan lapangan dan wawasan kebangsaan, Polres Pekalongan untuk PBB dan lalu lintas. SAR kami mengundang Batik Rescue,” tuturnya.

Selain materi, para peserta juga mendapatkan praktik dan latihan secara fisik untuk menguatkan mental mereka ketika di lapangan. Pencak silat Pagar Nusa merupakan salah satu bekal bela diri yang diberikan dalam kegiatan tersebut.

“Setelah mengikuti kegiatan ini kami berharap para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat, menjadi anggota IPNU dan IPPNu yang loyal, dan siap untuk diterjunkan ke lapangan apabila dibutuhkan,” tandasnya. (run)