Radar Kendal

Masih Ada 3.346 Warga yang Belum Rekam KTP-el

KENDAL – Sebanyak 3.346 warga Kabupaten Kendal tercatat belum melakukan perekaman KTP elektronik (KTP-el). Hal itu memaksa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat melakukan jemput bola guna melakukan perekaman.

Masih Ada 3.346 Warga yang Belum Rekam KTP-el
ANTRE – Sejumlah warga tengah antre di unit pelayanan kependudukan Kantor Disdukcapil Kendal, kemarin. NUR KHOLID MS

Hal itu dibenarkan Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan pada Disdukcapil Kabupaten Kendal, Akhyan, Senin (17/12). Kata dia, agar semua warga kendal bisa mengikuti pemilu, pihaknya melakukan perekaman data dengan cara jemput bola. “Kami datang ke desa -desa dan sekolah, termasuk pelayanan pada kaum difabel,” katanya.

Akhyan mengungkapkan, ada sebanyak 3.830 yang belum memiliki KTP-el. Warga yang sudah melakukan perekaman ada 1.883 jiwa, sedangkan yang belum melakukan perekaman ada 1.947 jiwa. Perekaman data untuk KTP-el juga dilakukan pada hari libur, meski dengan batas waktu tertentu. “Perekaman KTP-el dibuka tiap hari di kantor kecamatan. Bahkan di Dinas Dukcapil Kendal, meski libur tetap dibuka pelayanan perekaman data,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang tengah melakukan perekaman data KTP-el, Wuryanto warga Patebon mengaku baru kali pertama melakukan perekaman data di Disdukcapil Kendal. Dirinya merupakan pemohon KTP-el baru, sebab termasuk pemilih pemula agar bisa menggunakan haknya untuk mengikuti Pemilu mendatang.

“Antrinya banyak, sebab para pemohon KTP-el ada yang lama dan ada juga yang baru. Sebagai pemilih pemula, tentunya saya akan menggunakan hak pilih sebaik mungkin pada pemilu nanti,” katanya. (nur)

PENULIS: NUR KHOLID MS

Facebook Comments