Radar Bisnis

XL Axiata Siap Sambut Lonjakan Trafik Selama Libur Natal Dan Tahun Baru 2019

Yogyakarta – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) Central Region terus berusaha menyediakan kualitas jaringan data yang semakin baik, termasuk jangkauan yang semakin luas, juga berbagai produk inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sepanjang tahun 2018, XL Axiata berhasil meningkatkan performa perusahaan, dengan jumlah pelanggan yang mencapai 22% dari total pelanggan naaional per akhir September 2018 mendorong peningkatan trafik layanan, terutama layanan data hingga mencapai 58% dalam setahun.

Head External Communications PT. XL Axiata – Henry Wijayanto ( kanan ) berbincang serius dengan Head of Sales Yogyakarta – Yudith Sabrina setelah memaparkan kinerja XL selama 2018 dan kesiapan jaringan XL sambut lonjakan trafik selama libur Natal 2018 Tahun Baru 2019 di Yogyakarta, Sabtu ( 15/12) kemarin.

Head External Communications PT.XL Axiata Central Region – Henry Wijayanto mengatakan, “Sepanjang tahun 2018, kami menghadapi dinamika industri yang sangat menantang. Tantangan tersebut tidak hanya dari luar berupa kompetisi dengan operator lain, tetapi juga dari sisi perusahaan sendiri di mana dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan dan trafik, maka kami pun harus mampu memenuhi ekspektasi pelanggan. Kami sadar benar, pelanggan sangat sensitif dengan kualitas layanan. Kami harus bekerja keras menjaga kualitas layanan”, kata Henry di Yogyakarta, Sabtu ( 15/12) kemarin.

Sebagian besar area di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, trafik layanan data terus meningkat pesat seiring dengan peningkatan jumlah pengguna smartphone dan juga aktivitas digital pelanggan. Sepanjang tahun ini, Central Region telah menggelar sejumlah inisiatif untuk mendukung pertumbuhan tersebut, terutama dalam menyediakan infrastruktur jaringan data. Sampai dengan saat ini, XL Axiata di wilayah propinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta telah memiliki lebih dari 37.000 BTS. Terdiri dari BTS 2G sebanyak lebih dari 12.500 BTS, BTS 3G sebanyak lebih dari 16.000 BTS dan BTS 4G sebanyak lebih dari 9.000 BTS dengan sebaran masing-masing, untuk BTS 4G, lebih dari 5.500 BTS di Jawa Barat dan lebih dari 3.500 BTS di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sementara itu untuk BTS 3G, lebih dari 9.500 BTS di Jawa Barat dan lebih dari 6.500 BTS di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Meski sejak tahun lalu layanan 4G telah masuk ke semua kota dan kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta, namun pembangunan infrastruktur internet cepat ini terus berlangsung. Penambahan BTS 4G dan 3G tetap dilanjutkan demi meningkatkan kualitas layanan seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan, juga perluasan ke area-area yang belum dapat mengakses layanan data secara maksimal, seperti di area pinggir kota dan pedesaan. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa pelanggan yang aktif mengakses layanan data juga terus tumbuh di area pinggiran kota dan pedesaan, di mana aktivitas ekonomi digital yang dilakukan masyarakat juga terus tumbuh.

“Jaringan kami siap menyambut lonjakan trafik selama libur Natal dan Tahun Baru 2019, perkiraan kami akan ada kenaikan 20 persen dibanding hari biasa. Saat ini pelanggan XL nasional sudah 53,9 juta, 80 persen merupakan pelanggan data. Akses video memberikan kontribusi terbesar dalam penggunaan data, sangka mencapai 35 persen, selanjutnya baru sosial media, browsing, dan lain – lain “, jelas Henry.

Tumbuhnya aktivitas ekonomi digital masyarakat memang menjadi perhatian XL Axiata Central Region. Apalagi di wilayah operasi ini, terutama tiga provinsi yang berada di Pulau Jawa, memiliki potensi wisata yang sangat besar. Industri wisata yang mengandalkan indahnya panorama alam, banyak di antaranya berlokasi jauh di pedesaan, telah mampu menggerakkan ekonomi warga melalui promosi di media sosial dan saluran informas digital lainnya. Aktivitas ini selanjutnya memicu trend pemasaran digital untuk produk-produk UKM yang dikelola warga, yang berarti pula menjadi peluang bagi XL Axiata untuk terus memperluas jangkauan layanan data berkualitasnya.

Dalam mengembangkan usaha, selain berorientasi bisnis, XL Axiata juga berusaha semaksimal mungkin untuk ikut mendukung visi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Infrastruktur layanan data berkualitas tinggi yang terus kami bangun hingga pelosok daerah akan bisa menggerakkan roda perekonomian rakyat, juga meningkatkan kinerja di berbagai sektor lainnya, terutama sektor pelayanan publik, seperti pendidikan dan kesehatan. Mengingat besarnya manfaat yang bisa masyarakat peroleh dari layanan berbasis teknologi digital, maka kami pun menyelenggarakan program-program edukasi pemanfaatan sarana digital bagi berbagai kalangan masyarakat, antara lain petani, nelayan, kaum perempuan, pendidikan, hingga anak-anak muda kreatif.

Sejumlah produk layanan terutama data telah XL Axiata sediakan untuk menjawab beragam kebutuhan masyarakat. Untuk pelanggan layanan prabayar XL, terdapat paket unggulan seperti paket Xtra Combo Lite, Xtra Kuota, serta paket smartphone 4G Xtream. Sedangkan untuk layanan AXIS, terdapat produk 4G OWSEM, AIGO dan Hyphone. Pada layanan pascabayar, pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari beragam pilihan paket Prio Plan, Prio Go+ serta program XL Prioritas Shopping Points. Seluruh produk ini terbukti mampu meningkatkan penetrasi layanan XL Axiata oleh semua tingkatan usia sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sementara itu, untuk program tanggung jawab sosial perusahaan, XL Axiata terus menjalankan komitmennya untuk membangun Indonesia melalui Gerakan Donasi Kuota (GDK) termasuk di wilayah Central Region. Pada bulan Desember ini, Central Region telah menyalurkan donasi modem dan kuota data sebesar 240 GB untuk masing-masing sekolah selama satu tahun ke 35 sekolah yang tersebar di beberapa area seperti Tasikmalaya, Indramayu, Purwokerto, Cirebon, Kudus, Martapura, Cianjur, Purwakarta, Subang, Kebumen, Pekalongan, Tegal, Tanjung, Palangkaraya dan Banjar.

Perluasan wilayah hingga Kalimantan

Guna meningkatkan kualitas layanan sekaligus menjaga performa bisnis ke depan, XL Axiata masih akan terus membangun infrastruktur jaringan di seluruh wilayah Central Region. Apalagi, XL Axiata juga memiliki sejumlah produk layanan baru yang membutuhkan dukungan jaringan data yang kuat, antara lain adalah layanan fiber broadband XL Home yang kini sudah bisa diakses di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Selain itu layanan Internet of Things (IOT) juga akan terus dikembangkan dan tidak menutup kemungkinan akan menjangkau area-area di wilayah ini.

Wilayah operasional XL Axiata Central Region saat ini memang bertambah luas, dengan masuknya Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah per bulan November 2018 lalu. Kebijakan ini ditempuh sebagai bagian dari penyesuaian pada strategi bisnis perusahaan. Jumlah total pelanggan XL Axiata di kedua provinsi sebanyak 2 juta pelanggan, dengan 94% di antaranya merupakan pelanggan layanan data. Infrastruktur jaringan yang menopang antara lain diperkuat dengan lebih dari 730 BTS 4G dan lebih dari 1.200 BTS 3G. Ada total 27 kota/kabupaten di dua provinsi ini yang kini warganya sudah bisa menikmati layanan internet cepat 4G.

” Perluasan wilayah Central Region hingga Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, salah satu bukti XL serius untuk memberikan layanan berkualitas. Sehingga ekspektasi 13,8 juta pelanggan yang ada di Jabar, Jateng, DIY, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah untuk menikmati layanan yang berkualitas dan nyaman selama menggunakan layanan data akan terpenuhi”, terang Henry.

Facebook Comments