Ragam Ekskul Jadi Gerbang Prestasi

oleh -
Ragam Ekskul Jadi Gerbang Prestasi
BELAJAR - Para siswa kelas VI SD Negeri 01 Kepatihan tengah melangsungkan kegiatan pembelajaran. EKA ISDITYA

WIRADESA – SD Negeri 01 Kepatihan memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh para siswanya. Tak hanya dalam bidang keolahragaan, ragam pilihan kegiatan ekstrakurikuler bidang kesenian juga dimiliki oleh SD yang beralamat di Jalan Laksamana Yos Sudarso Kepatihan Wiradesa ini.

Kepala SD Negeri 01 Kepatihan, Sri Hartini SPd MSi, mengungkap bermacam-macam pilihan ekstrakurikuler menjadi salah satu kunci prestasi yang kerap kali diraih oleh SD Negeri 01 Kepatihan. “Pendidikan di sekolah itu tidak hanya melulu bidang akademik saja, tetapi juga harus ada pengembangan diri, terutama untuk menggali potensi dan minat bakat para siswa,” ujar Bu Har, sapaannya.

Beragam kegiatan ekstrakurikurel di SD Negeri 01 Kepatihan antara lain drumband, ensambel musik, vokal, tari, karawitan, renang, pencak silat, badminton, rebana, dan qiroah dapat dipilih oleh para siswa sesuai dengan minat bakatnya masing-masing.

“Kegiatan ekstrakurikuler alhamdulillah rutin dilaksanakan, sehingga apabila ada event atau lomba anak-anak tinggal melakukan latihan pendalaman, karena bimbingan sudah rutin dilakukan,” ujarnya.

Memiliki jumlah siswa lebih dari 400, membuat SD Negeri 01 Kepatihan ingin senantiasa mengembangkan diri serta mengeksplor segala potensi siswa dan juga guru.

“Keaktifan guru, dukungan orang tua juga menjadi faktor penentu. Alhamdulillah bapak/ibu guru juga totalitas ketika memberikan bimbingan kepada anak-anak. Sekiranya apabila kegiatan ekskul dapat dihandle bapak/ibu guru sini, kami tidak mengundang pelatih dari luar, tapi karena beberapa faktor juga tetap ada ekskul yang dipegang oleh pelatih,” jelasnya.

Melalui berbagai kegiatan dan pengembangan yang dilakukan, pihaknya beraharap SD Negeri 01 Kepatihan kian eksis dan mampu memberikan prestasi yang dapat mengharumkan nama sekolah. (yak)

PENULIS: EKA ISDITYA