Baru 16.895 Pekerja Informal yang Tercover BPJS TK
PAPARKAN - Tim BPJS Ketenagakerjaan Batang saat mensosialisasikan Program BPJS di Pendopo Kabupaten Batang beberapa waktu lalu. NOVIA ROCHMAWATI
Radar Batang

Baru 16.895 Pekerja Informal yang Tercover BPJS TK

BATANG – Keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan (TK) di Batang saat ini masih ada dalam kisaran kurang dari 30 persen,yakni dengan jumlah kepersertaan aktif 16.895 orang. Oleh karenanya, BPJS Cabang Pekalongan yang membawahi Cabang Pembantu Batang, membidik tenaga kerja informal untuk masuk dalam kepesertaan BPJS TK.

Kepala BPJS Cabang Pekalongan, Wiwik Septi Herawati, menyampaikan hal itu saat sosialisasi dengan Kepala Paud di Pendopo Kabupaten Batang, baru-baru ini. “Saat ini keikutsertaan peserta BPJS TK memang belum lebih dari 30 persen. Untuk Batang sendiri baru sekitar 16.895 peserta aktif. Sedang kami coba bidik agar kepesertaannya meningkat, khususnya pekerja informal,” terang Septi.

Dijelaskan, sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) merupakan potensi besar untuk menambah keikutsertaan BPJS. Jaminan untuk BPU juga menjadi solusi untuk melindungi para pekerja informal, sehingga jika ada hal buruk yang menimpa, mereka sudah menyiapakan perlindungan.

Ditambahkan Septi, kebanyakan peserta BPJS TK masih mengikuti dua dari empat program, yakni program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Sementara untuk Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensi hanya diikuti oleh sebagian peserta saja.

Salah satu keuntungan untuk peserta BPJS TK adalah jika mendapatkan kecelakaan kerja maka akan dirawat di faskes kelas 1. BPJS TK sendiri sudah bekerja sama dengan seluruh rumah sakit yang ada di Batang. (nov)

PENULIS: NOVIA ROCHMAWATI

Facebook Comments