Server Bermasalah, Pleno Perbaikan DPTHP 2 Ditunda

by

KENDAL – KPU Kendal terpaksa menuda Rapat Pleno Terbuka Perbaikan ke-2 Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan ke-2 (DPTHP 2) Pemilu tahun 2019. Kegiatan yang sedianya dijadwalkan pelaksanaannya pada Senin (10/12) lalu itu diundur pada Selasa (11/12) malam karena kendala server KPU RI yang mengalami gangguan.

Akibatnya, proses pemasukan data pemilih pada server milik KPU dari senin hingga selasa kemarin belum juga selesai. Komisioner KPU Kendal, Rokhimudin mengatakan, sebenarnya pihak KPU sudah menyelesaikan perbaikan DPTHP ke-2. Jumlah pemilih setelah perbaikan DPTHP2 sebanyak 778.630 jiwa. “Ini berarti mengalami penurunan dari DPTHP2 yang jumlahnya sebanyak 786.473 jiwa,” katanya, kemarin.

Diundurnya pelaksanaan rapat pleno, kata Rokhimudin, setelah KPU Kendal meminta rekomendasi penundaan kepada KPU Provinsi. Karena adanya gangguan server di KPU Pusat, sehingga proses memasukkan data ke pusat ikut terganggu. “Pada saat itu, petugas sudah berupaya mengupload data hingga malam hari, namun tetap mengalami kesulitan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, tangga 15 Desember 2018 nanti, KPU Pusat sudah menetapkan DPT HP 2. Karena itu, jika ada perubahan data pemilih, akan dilakukan dalam pemeliharaan data. Hal itu karena jumlah DPT yang sudah ditetapkan itu tidak bisa berubah. “Jika ada pemilih tambahan dari daerah lain, maka akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb),” terangnya.

Sementara itu, Divisi Data Informasi KPU Kendal, Nurul Akhirin mengatakan, jika DPT telah ditetapkan maka data tersebut yang akan digunakan hingga tanggal pemungutan suara tiba. Namun, jika setelah itu terjadi ada perubahan maka hal itu masuk dalam pemeliharaan data. “Angka DPT tetap tidak berubah. Jika ada penambahan data maka akan masuk dalam DPTb,” timpalnya. (nur)