Radar Batang

Bupati Wihaji Instruksikan Puskesmas Bantu Dewi agar Tertangani dengan Baik

Bupati Wihaji didampingi Camat dan Kepala Puskesmas Tulis mengunjungi Dewi yang menderita kanker tulang. (Dony Widyo)

*Dewi Menderita Kanker Tulang

TULIS – Bupati Batang Wihaji menginstruksikan kepada Kepala Puskesmas Tulis, dr Ali Balkhi agar membantu proses pengobatan Dewi Mutiara Putri (12) yang menderita kanker tulang agar mendapat penganan medis dengan baik.

Bahkan saat melakukan kunjungan ke rumah putri pasangan almarhum Sugiharto dan Kasturah di Dukuh Pesawahan, Desa/Kecamatan Tulis, Minggu (10/12) pagi, bupati juga mempertanyakan kemungkinan adanya rumah sakit lain yang bisa menjadi rujukan selain Rumah sakit Dokter Kariadi Semarang. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan antrian yang cukup lama.

“Kita selaku pemerintah daerah akan berusaha semaksimal mungkin guna membantu adik Dewi agar tertangani dengan baik, sehingga Insyaallah penyakitnya bisa segera sembuh,” ujar Wihaji saat mengunjungi kediaman Dewi didampingi Camat Tulis, Wawan Nurdiansyah dan Kepala Puskesmas Tulis.

Pada kesempatan itu, Bupati Wihaji juga membujuk Dewi agar bersedia menjalani kemoterapi, termasuk orang tuanya supaya mengijinkan dan bisa mendampingi anaknya menjalani pengobatan medis.

“Sebelumnya sudah ada rujukan agar Dewi menjalani kemoterapi di Semarang, tapi menolak. Karena itu, hari ini saya minta adik Dewi dan orang tuanya bersedia untuk menjalani proses pengobatan agar penyakitnya bisa sembuh. Dan pihak puskesmas sendiri juga siap untuk mengantar menggunakan ambulan ke Semarang,” jelas Wihaji.

Selain bantuan medis, pihak Pemkab Batang melalui Bagian Kesra juga akan memberikan bantuan guna memenuhi kebutuhan lainnya. Dan Bupati sendiri pada kesempatan itu juga memberikan bantuan uang tunai pada orang tua Dewi, termasuk bantuan susu dan biskuit.

“Sudah menjadi kewajiban kita sebagai pemerintah daerah untuk membantu warganya yang membutuhkan bantuan. Karena itulah, ketika ada warga yang terserang penyakit, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk membantu pengobatannya. Termasuk untuk kasus ini, biaya pengobatan akan ditanggung oleh BPJS dan Pemda melalui Bagian Kesra juga akan memberikan bantuan yang mudah-mudahan bisa untuk memenuhi kebutuhan lainnya,” beber Wihaji.

Kepala Puskesmas Tulis, dr M Ali Balkhi menambahkan, pihaknya secepatnya akan melakukan pendaftaran untuk proses kemoterapi secara online. Selanjutnya nanti kalau sudah mendapat jadwal pengobatan, maka Dewi akan dibawa ke Semarang dengan menggunakan mobil puskesmas.

“Tadi pak Bupati sudah membujuk pasien, dan anaknya bersedia untuk menjalani proses kemoterapi di Semarang. Sehingga langkah kita selanjutnya adalah mendaftar secara online dan mempersiapkan transportasi untuk membawa pasien ke Semarang,” kata Ali Balkhi.

Ditambahkan, sesuai instruksi Bupati, pihak bidan desa dan juga Puskesmas akan secara rutin memantu kondisi kesehatan Dewi. Selain itu, asupan gizi dari Dewi juga ikut dipantau. (don)

Facebook Comments