Lukman Hakim
Lukman Hakim
Radar Desa

2020, Ditergetkan Bebas Gizi Buruk

Pemerintah Desa Kauman Kecamatan Wiradesa melalui berbagai program khususnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mencanangkan 2020 Desa Kauman bebas gizi buruk. Demikian diungkap Kepala Desa Kauman, Lukman Hakim, ketika ditemui Radar Pekalongan di kantornya, Jumat (07/12).

Target 2020 bebas gizi buruk merupakan salah satu cita-cita yang sejak kini tengah diupayakan oleh segenap Perangkat Desa Kauman Kecamatan Wiradesa. “Program pengentasan gizi buruk ini nanti segmennya ke berbagai bidang, khususnya untuk kesejahteraan pangan, perekonomian, hingga permodalan,” ujarnya.

Ia mengungkap, program pembebasan gizi buruk juga telah masuk kedalam rencana anggaran BUMDes yang telah dianggarkan. “Jadi untuk BUMDes di Desa Kauman ini telah kami alokasikan sebesar Rp 80.000.000 dari dana desa, dan Rp 10.000.000 dari dana gubernur,” ungkap pria berkacamata ini.

Untuk menambah rasa kekeluargaan antar warga, pihaknya juga telah merencanakan beberapa kegiatan. “Misalnya nanti kami akan adakan setiap bulan atau minggu ada makan bareng di Balai Desa. Selain mengakrabkan antar warga, itu juga sebagai salah satu upaya pengentasan gizi buruk,” imbuhnya. Tak hanya itu, beberapa langkah terkait permodalan juga diupayakan agar angka pengangguran di Desa Kauman dapat berkurang.

Melalui perluasan ekonomi, permodalan, serta penanaman semangat berwirausaha diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga tak ada lagi keluarga yang masih terserang gizi buruk.

Tak hanya itu, berbekal semangat serta penanaman usaha padat karya juga turut menjadi upaya yang ingin diterapkan bagi para warganya. “Harapannya nanti, jumlah pengangguran dapat berkurang, dan mereka terbantu dengan adanya sistem padat karya,” tandasnya. (yak)

Facebook Comments