Ekskul Kembangkan Bakat Siswa

oleh -
Ekskul Kembangkan Bakat Siswa
BELAJAR - Siswa MI Walisongo Paesan 01 tengah mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – Melalui ekstrakurikuler, MI Walisongo Paesan 01 berupaya mengembangkat minat dan bakat siswanya.

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler dijalankan, seperti pramuka, pencak silat Pagar Nusa, MTQ, Simtudduror, serta kegiatan olahraga lain yang digelar menjelang lomba.

Kepala MI Walisongo Paesan 01, Sri Hartati, menuturkan salah satu ekstrakurikuler unggulan di madrasah ini adalah pramuka. MI Walisongo Paesan 01 pernah meraih prestasi dalam kegiatan jambore gugus depan, pesta siaga, dan kegiatan lainnya.

“Kami aktif di kegiatan pramuka. Pernah menjadi juara I pesta siaga tingkat Kabupaten Pekalongan, juara I Jambore cabang, juara umum Jumbara Mula, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Selain itu, setiap tahun MI Walisongo Paesan 01 juga menggelar kegiatan Pelantikan Penggalang Ramu bagi siswa kelas 6 yang akan lulus. Biasanya, kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman madrasah.

Selain pramuka, MI Walisongo juga rutin menggelar latihan untuk beberapa ekstrakurikuler lainnya, diantaranya Pagar Nusa, MTQ, dan simtudduror. Menurut Sri Hartati, kegiatan ekstrakurikuler juga didukung oleh peran alumni. Secara sukarela, para alumni datang ke madrasah untuk membantu program ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya.

“Kalau ada kegiatan di madrasah, dan alumni mendapatkan informasinya pasti mereka mau terlibat. Yang membantu dan melatih ekstrakurikuler adalah alumni. Apalagi kalau ada event atau lomba, mereka pasti datang membantu secara sukarela,” lanjutnya.

Lebih lanjut Sri Hartati mengungkapkan, pembiasaan keagamaan yang dilaksanakan oleh MI Walisongo Paesan 02 adalah pembacaan surat-surat pendek Alquran setiap pagi, pembacaan Asmaul Husna, Sholat Dhuha dan Sholat Dhuhur berjamaah, serta pembiasaan lainnya. Melalui pembiasaan tersebut, Sri Hartati ingin membekali anak dengan karakter yang kuat.”

Pentingnya pembiasan kegiatan keagamaan
adalah untuk membekali anak dengan karakter yang kuat, agar lulusan madrasah mempunyai nilai plus,” tandasnya. (run)

PENULIS: FAKHRUN NISA