Radar Pendidikan

Kurangi Angka Kecelakaan, Sosialisasi Keselamatan Bersepeda

SMPN 2 Pekalongan

JELAS – Penjelasan dari Kanitlantas tentang bagaiamana menggunakan sepada yang baik untuk keselamatan diri.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Memahami dengan baik bagaimana cara bersepeda dengan benar, bisa menjadi cara untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan serta menumbuhkan kenyamanan baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

Oleh karenanya SMPN 2 Pekalongan bekerjasama dengan Kanitlantas Kota Pekalongan, menggelar sosialisasi keselamatan bersepeda di halaman sekolah, Rabu (5/12).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMPN 2 Pekalongan Heni Daryani SPd MPd, menyampaikan bahwa ternyata banyak siswa-siswi yang masih belum memahami dengan baik bagi bersepeda di jalan. Jadi sosialisasi ini menambah wawasan lebih luas bagi siswa SMPN 2 Pekalongan.

“Banyak ilmu baru lho yang didapat, misalnya kalau bersepeda mau belok kanan maka pengendara harus melakukan gerakan setengan lengan lencang kanan, atau sebaliknya. Ada juga kebiasaan siswa kalau bersepeda suka jejer-jejer sambil ngobrol, nah disini mereka diedukasi untuk tidak melakukan seperti itu lagi, karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain,” ungkap Heni.

Selain itu, sosialisasi ini ia akui sekaligus menjadi imbauan bagi para siswa SMP yang sudah menggunakan sepeda motor untuk tidak menggunakannya.

“Kalau larangan di tatib kami sudah ada, hingga pembahasan mengenai sanksi. Namun sepertinya memang harus ada edukasi dari sisi bahayanya bagi para siswa, sehingg siswa SMP tidak menggunakan sepeda motor,” terangnya.

Dalam pelaksanaan tatib larangan penggunaan sepeda motor, pihak sekolah mengajak kerjasama orang tua dan masyarakat untuk sama-sama memberikan edukasi bahayanya penggunaan sepeda motor usia dini.

“Karena sekolah tidak bisa mencegahnya sendiri ya, maka disini dibutuhkan sinergisitas dari berbagai pihak untuk bisa terwujud,” jelas Heni.

Ditambahkan Waka Kesiswaan SMPN 2 Pekalongan, Sujaka, dengan sosialisasi ini para siswa semakin mantap untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda. Mereka dibekali apa saja peraturan yang harus ditaati oleh pengendara sepeda, sampai edukasi larangan untuk berjejer dan mengobrol dijalan yang bisa membahayakan dirinya sendiri serta orang lain. (mal)

Facebook Comments