Radar Desa

Kemplong Dikenal Kawasan Kerajinan Batik

Kawasan Kuliner

JUALAN – Kawasan kuliner yang menjadi spot pedagang kaki lima di Desa Kemplong, Rabu (05/12).
EKA ISDITYA

Desa Kemplong dikenal sebagai kawasan yang banyak memproduksi beragam kerajinan batik. Pemanfaatan potensi aktivitas jual beli masyarakat juga menjadi salah satu bidang yang ingin dikembangkan di Desa Kemplong Kecamatan Wiradesa.

Pemerintah Desa Kemplong melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tengah berupaya mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan mendorong peningkatan kesejahteraan warga.

Hal itu dibenarkan Kepala Desa Kemplong, Sugiono. “Pemerintah desa harus jeli melihat potensi yang dimiliki. Insya Allah di Desa Kemplong ini banyak potensi terutama untuk mendorong aktivitas perekonomian,” ujarnya.

Salah satu langkah yang tengah digarap oleh Pemerintah Desa Kemplong ialah penataan sarana umum sebagai sarana aktivitas masyarakat agar lebih tertata.

“Saat ini kami sedang memperbaiki salah satu fasilitas olahraga yaitu di Lapangan Desa Kemplong dengan adanya penambahan jogging track,” imbuh Pak Sugi, sapaan karibnya.

Perancangan jogging track direncanakan dapat mengaktifkan kegiatan jual beli masyarakat dengan adanya penataan ruang yang tidak hanya digunakan sebagai sarana olahraga melainkan juga sarana bersantai keluarga.

Tak jauh dari Lapangan Desa Kemplong, aktivitas jual beli masyarakat juga mulai ditata dengan baik. Salah satunya terlihat dari pemindahan pedagang kaki lima (PKL) ke satu spot kuliner di sepanjang jalan Desa Kemplong yang bersambung menuju Desa Bebel Kecamatan Wonokerto. Salah seorang pedagang di kawasan Desa Kemplong, Riskiyah, mengaku sangat mendukung dengan adanya pemusatan spot kuliner tersebut.

“Alhamdulillah sekarang jalannya rame, semakin banyak orang yang lewat sini. Jadi mendorong beberapa warga juga untuk membuka dagangan baru,” ujarnya. Para warga sekitar juga semakin terdorong untuk memulai usaha baru dengan berjualan aneka makanan di kawasan spot kuliner tersebut. “Insya Allah ini nanti semoga kedepannya akan semakin ramai, dan penghasilan semakin bertambah,” tandasnya. (yak)

Facebook Comments