Radar Pendidikan

Guru Itu Teman, Pembimbing dan Panutan

Riza Ismail

Riza Ismail
Ketua KKMI Kecamatan Buaran

BUARAN – Dalam mengajar di sekolah, seorang guru hendaknya bisa berperan menjadi teman, pembimbing, dan panutan.

Dengan berperan menjadi teman, siswa tidak akan merasa canggung dan takut dengan guru sehingga pembelajaran akan berjalan dengan lancar. Meskipun begitu, kedekatan antara siswa dan guru harus dalam batas yang wajar.

Demikian disampaikan Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Buaran, Riza Ismail. “Antara siswa dan guru harus dekat, tetapi tetap menjaga jarak. Ada akhlak dan sopan santun yang harus diterapkan, supaya tidak terlalu berlebihan dan masih dalam aturan,” ujarnya.

Selain berperan menjadi teman, seorang guru juga harus bisa berperan menjadi pembimbing dan panutan. Dalam mentransfer ilmu, guru harus bersikap telaten dan sabar karena sifat anak usia MI masih dalam masa bermain.

“Guru harus menjadi suri tauladan, karena guru itu digugu dan ditiru. Guru juga harus telaten dalam mengajar serta menjadi pembimbing anak-anak dan mengarahkan mereka menuju pribadi yang berakhlakul karimah dan berpengetahuan,” lanjutnya.

Disebutkan, Riza Ismail menjadi Ketua KKMI Kecamatan Buaran sejak 2016. Dari tahun 2014 ia menjabat sebagai Kepala MIS Simbangkulon 01. Sebelumnya, ia pernah menjadi Kepala MIS Simbangkulon pada tahun 2004 hingga 2009 dan terpaksa diganti karena terbentur aturan yayasan.

“Pada tahun 2009 saya menjadi ASN, dan ada aturan yayasan bahwa ASN tidak boleh menjadi kepala madrasah. Saya yang saat itu menjadi kepala sejak 2004, akhirnya diganti. Pada 2014, ada perubahan aturan dari yayasan yang memmeperbolehkan ASN menjadi kepala, dan saya diangkat lagi menjadi kepala madrasah pada 2014,” jelasnya.

Dalam menjaga kekompakan KKMI Kecamatan Buaran, Riza selalu mengandalkan komunikasi yang baik. Setiap anggota KKMI mempunyai bagian masing-masing sehingga Riza merasa sangat terbantu. Menurutnya, kekompakan antar anggota dapat menghasilkan kerja sama yang baik.

“Untuk menjaga kekompakan, kami tetap selalu berkomunikasi. Alhamdulillah tahun ini hampir seluruh kepala MI di Kecamatan Buaran usianya tidak terpaut jauh sehingga lebih mudah dan enak bagi kami dalam berkomunikasi,” tandasnya. (run)

Facebook Comments