Radar Kendal

Biar Tak Kaget Saat Ada Bencana, MDMC Perkuat Kesiapsiagaan

KENDAL – Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) PDM Kabupaten Kendal mengadakan rapat koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait di bawah naungan Muhammadiyah Kendal untuk menyatukan visi dan misi dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Kendal. Kegiatan itu juga sebagai wujud komitmen dan kesiapsiagaan MDMC untuk membantu penanganan bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Muhammadiyah Kendal di dalamnya banyak lembaga-lembaga, oleh karenanya kami MDMC sebagai Lembaga Penanggulangan Bencana milik Muhammadiyah ingin menyatukan visi dan misi dengan lembaga lainnya di Muhammadiyah saat ada bencana alam. Dalam artian satu kata, satu tindakan bahwa yang dilakukan atas nama perserikatan Muhammadiyah,” ungkap Ketua LPB MDMC Muhammadiyah Kendal, Hafidz.

Ketika ditanya bagaimana persiapan MDMC dalam menghadapi bencana alam khususnya memasuki musim hujan, pihaknya menyatakan MDCM selalu siap baik ada atau tidak ada bencana alam. Sebab sebagai rescue harus selalu siap siaga baik SDM maupun ketersediaan logistik.”MDMC memang bukan seperti lembaga pemerintah yang SDM nya terlihat ada, namun jika dibutuhkan kami selalu siap kapanpun di manapun untuk terjun langsung. Pagi, siang, malam, kami selalu siap,” imbuhnya.

Hafidz menambahkan, sebagai orang Indonesia yang berada di wilayah rawan bencana, semestinya tidak lagi kaget jika ada bencana. Namun bagaimana menyikapi bencana, kata dia, itulah yang seharusnya disosialisasikan kepada masyarakat.

“Semua bencana di Indonesia itu ada, sehingga tidak perlu kaget jika ada bencana. Yang terpenting, masyarakat harus tanggap bencana, sehingga mampu menyikapi dan tahu apa yang harus dilakukan,” pungkasnya. (fik)

Facebook Comments