Batik Warna Alam Dapat Pujian Dubes Tokyo

by
Batik Warna Alam Dapat Pujian Dubes Tokyo
FOTO - Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Munafah Asip (kiri) berfoto bersama Dubes Tokyo Ratna Mirah Tasrif (tengah). ISTIMEWA
Batik Warna Alam Dapat Pujian Dubes Tokyo
FOTO – Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Munafah Asip (kiri) berfoto bersama Dubes Tokyo Ratna Mirah Tasrif (tengah).
ISTIMEWA

KAJEN – Upaya mengampanyekan pewarnaan batik menggunakan warna alam yang dilakukan Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan, Munafah Asip Kholbihi menuai banyak apresiasi. Apresiasi kali ini datang dari Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di Tokyo.

Terlebih aktivitas Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan dalam melakukan kampanye penggunaan warna alam, dari tanaman, daun-daunan, buah, serta limbah kopi, mendapat antusias khusus. Sehingga beberapa waktu lalu, istri Bupati Asip Kholbihi itu diundang langsung ke Tokyo, untuk melakukan kampanye warna alam.

Usai pulang dari Tokyo, Selasa kemarin (4/12) Munafah mengatakan bahwa, undangan yang diberikan Kedubes Tokyo, untuk melakukan pemaparan sekaligus kampanye mengenai pewarnaan batik, warna alam dan ramah lingkungan.

“Karena kan sekarang ini dunia sedang menggencarkan go green, sedangkan batik itu kan Indonesia banget, dari aktivita saya membantu daerah-daerah di Indonesia membikin batik khas masing-masing daerah, saya diundang untuk mengkampanyekan batik sekaligus pewarnaan alamnya,” ujar Munafah.

Disebutkan, pada kegiatan kampanye batik dan pewarnaan alam, Ketua Dekranasda sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan itu melakukan pemaparan dihadapah Dubes Tokyo Ratna Mirah Tasrif, dan wakilnya, Yuko Ridwan, serta atase-atase setempat.

Pada kesempatan tersebut istri Bupati Pekalongan itu, menjelaskan tentang penggunaan limbah kopi, tamanan, daun-daunan, buah, serta lainnya yang ada di alam dan tidak terpakai untuk dijadikan bahan pewarnaan.

Tak hanya melakukan kampanye atau pemaparan saja dihadapan Dubes Tokyo, Munafah juga pada kesempatan lain akan diundang untuk mengisi kegiatan di Universitas Tokyo. (yan)

PENULIS: MUHAMMAD HADIYAN