Terobosan Layanan SKCK, dari Pojok Baca sampai Loket Khusus Difabel

by
AKHMAD TAUFIK LAYANAN KHUSUS - Polres Kendal saat ini menyediakan loket pelayanan SKCK khusus untuk Difabel atau mereka yang berkebutuhan khusus.
AKHMAD TAUFIK
LAYANAN KHUSUS – Polres Kendal saat ini menyediakan loket pelayanan SKCK khusus untuk Difabel atau mereka yang berkebutuhan khusus.

KENDAL – Polres Kendal membuat terobosan menarik dalam layanan permohonan pembuatan SUrat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bagi masyarakat. Selain menyediakan area pojok baca, disediakan pula loket layanan khusus untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Di area pojok baca, warga yang jenuh menunggu proses pembuatan SKCK bisa mengisi waktu dengan membaca aneka bahan bacaan menarik yang tersedia di tempat. Kasat Intelkam Polres Kendal, AKP Suwarno mengatakan, layanan baca tersebut diharapkan bisa menjadikan waktu lebih efektif.

“Kami menyadari, aktivitas menunggu kan memang menjenuhkan, apalagi kalau permohonan SKCK sedang tinggi. Nah, daripada bosa menunggu, kan bisa dimanfaatkan untuk membaca. Sambil menyelam minum air, waktunya jadi tidak terbuang percuma,” terangnya, kemarin.

Harapannya, lanjut Suwarno, mereka yang menunggu proses pembuatan SKCK bisa mendapatkan manfaat dari bahan bacaan yang dibacanya. Bahan bacaan yang tersedia pun cukup lengkap, dari berbagai genre, baik majalah, tabloid, buku pengetahuan, biografi, novel, hingga buku anak-anak. “Membaca kan banyak manfaatnya, wawasan bertambah, dapat ilmu, dan lainnya,” imbuhnya.

Tak hanya layanan baca, Sat Intelkam juga sejauh ini telah menyediakan loket khusus yang diperuntukan bagi para penyandang difabel atau mereka yang berkebutuhan khusus. Termasuk dalam layanan khusus itu adalah ibu hamil atau yang sedang menyusui, mereka akan diprioritaskan sehingga bisa cepat terlayani tanpa melalui antrian panjang.

“Loket pelayanan khusus ini untuk lebih memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat pemohon SKCK yang berkebutuhan khusus,” pungkasnya.(fik)