Metro Pekalongan

Hindari Riba, Bentuk Pinjaman Amanah Tanpa Bunga

Hindari Riba, Bentuk Pinjaman Amanah Tanpa Bunga

PINJAMAN AMANAH – Paguyuban RT/RW Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara mencairkan program “Pinjaman Amanah” tanpa bunga untuk menghindari riba, Minggu (2/12).
WAHYU HIDAYAT

KOTA – Dalam rangka mengindari riba dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, paguyuban RT/RW Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara membuat sebuah terobosan luar biasa.

Terobosannya yakni dengan membentuk program “Pinjaman Amanah”. Pinjaman berupa uang tunai ini diberikan kepada warga setempat untuk menambah modal usaha, untuk selanjutnya, warga yang menerima pinjaman akan mengembalikan pinjaman tersebut dengan cara mengangsur, tanpa disertai bunga.

Pencairan program Pinjaman Amanah ini telah dimulai pada Minggu (2/12) pukul 16.00 WIB, bertempat di kantor RW 07 Kelurahan Kandang Panjang. Pencairan pinjaman dihadiri Lurah Kandang Panjang A Fauzan, Ketua Paguyuban RT/RW H Agus Riyanto SH MH, didampingi pengurus paguyuban, serta warga penerima pinjaman.

Secara simbolis penyerahan pinjaman dilakukan oleh Lurah Kandang Panjang. Adapun penerima pinjaman berjumlah 20 orang yang semuanya merupakan pedagang kecil, dengan nilai pinjaman rata-rata Rp500 ribu. Pinjaman ini selanjutnya dikembalikan oleh warga yang bersangkutan, dengan sistem diangsur 10 kali, dilakukan seminggu sekali tiap hari Minggu.

Lurah Kandang Panjang A Fauzan, menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada paguyuban RT/RW yang punya terobosan dalam rangka membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya program Pinjaman Amanah ini sangat positif, karena selain membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, juga sistem pengembaliannya tanpa bunga. “Maka kami mohon kepada para peminjam untuk konsekuen dalam pengembaliannya karena sudah ditolong, dan kegiatan seperti ini baru dilaksanakan pertama kali di Kota Pekalongan,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Paguyuban RT/RW Kandang Panjang H Agus Riyanto menjelaskan adanya program pinjaman dimaksud, adalah dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat bawah dan menghindari riba. Dengan catatan, salah satu syarat bagi warga setempat untuk bisa memperoleh Pinjaman Amanah ini adalah warga yang bersangkutan harus memiliki usaha.

“Adanya Pinjaman Amanah inj semoga dapat menghindari praktik riba, yang selama ini tingkat riba di kampung-kampung sudah sangat memprihatinkan. Demi mendapat tambahan modal, mereka terpaksa meminjam dana melalui rentenir. Hal inilah yang membuat kami dari paguyuban RT/RW Kelurahan Kandang Panjang muncul ide untuk membentuk program Pinjaman Aman, demi membantu masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya berharap, adanya program Pinjaman Amanah tanpa bunga ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. “Semoga dana pinjaman yang mereka terima bisa digunakan untuk menambah modal usaha, meningkatkan perekonomian mereka, dan usaha mereka semakin berkembang, sehingga kesejahteraan mereka semakin meningkat,” imbuhnya. (way)

PENULIS: WAHYU HIDAYAT

Facebook Comments