Aplikasi Raport Digital Permudah Penilaian Semester

by
MI Salafiyah Tegaldowo Tirto
Aplikasi Raport Digital Permudah Penilaian Semester
MI Salafiyah Tegaldowo Tirto
Aplikasi Raport Digital Permudah Penilaian Semester

TIRTO – Sejak diluncurkannya Aplikasi Raport Digital (ARD) oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sejumlah Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Tirto mulai menerapkan penilaian hasil belajar siswa secara digital. Sejak para siswa melangsungkan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS), para pengajar MI Salafiyah Tegaldowo mulai menggarap dan memepersiapakn model penilaian secara terkomputerisasi tersebut.

Demikian diungkapkan Kepala MI Salafiyah Tegaldowo, Nur Hidayah SPdI. “Sosialisasi dan bimbingannya sudah diberikan sekitar satu minggu yang lalu. Nah saat ini bapak/ibu guru sedang berusaha untuk menerapkannya,” ujarnya ketika ditemui Radar Pekalongan ditengah aktivitas penerapan ARD ini.

Diterangkan, ARD menjadi salah satu pembaruan oleh Kementerian Agama khususnya Ditjen Pendidikan Islam untuk menyesuaikan perkembangan zaman di era digital dan serba internet seperti sekarang ini. “Di semester-semester sebelumnya belum, baru di semester ini,” imbuh perempuan yang kini berdomisili di Desa Pacar Kecamatan Tirto ini.

Meski para guru mengaku kesulitan diawal, namun mereka mengakui dengan adanya penerapan ARD akan dapat meningkatkan efisiensi serta mempermudah penyebaran informasi khususnya penilaian akhir semester dari pihak madrasah kepada orang tua/wali murid.

“Ya memang di awal agak ribet karena servernya yang mungkin terganggu, apalagi aplikasi ini terintegritas dan digunakan oleh seluruh madrasah. Tapi kami yakin menggunakan ARD akan lebih efisien,” tandasnya.

Melalui penerapan ARD, pihaknya berharap pendidikan madrasah akan turut menjawab perkembangan zaman sekaligus memenuhi harapan publik akan peningkatan kinerja Pendidikan Islam. (yak)