Keren, Petugas Upacara HUT Korpri Semuanya Wanita

by
Keren, Petugas Upacara HUT Korpri Semuanya Wanita
INSPIRATIF - Sejumlah petugas tengah melangsungkan nprosesi upacara HUT Korpri ke-47 di Alun-alun Batang, kemarin. Uniknya, semua petugas itu berjenis kelamin wanita. M DHIA THUFAIL
Keren, Petugas Upacara HUT Korpri Semuanya Wanita
INSPIRATIF – Sejumlah petugas tengah melangsungkan nprosesi upacara HUT Korpri ke-47 di Alun-alun Batang, kemarin. Uniknya, semua petugas itu berjenis kelamin wanita.
M DHIA THUFAIL

BATANG- Ada yang menarik dalam prosesi upacara peringatan HUT Korpri ke-47 dan Dharma Wanita Persatuan ke-19 tahun 2018 tingkat Kabupaten Batang, Kamis (29/11), di Alun-alun Batang. Tak seperti lazimnya, kemarin seluruh petugas upacara diemban oleh kaum wanita.

Mereka seluruhynya tak lain adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Batang. Pemandangan itu seolah menegaskan komitmen pengarusutamaan gender dan emansipasi wanita.

Dari Pemimpin Upacara ditugaskan Anisah yang bekerja Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ), tiga petugas Pengibaran Bendera Merah Putih diemban Revani Gena Azzuinika, Hidayati, Rivana Nuvi Andamdewi selaku ASN Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ). Sementara Pembaca Undang Undang 1945 Nanik Nur Kholilah dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Begitu juga dengan Pembacaan Korp Panca Setya Korpri yang dibacakan oleh Dwi Yanti dari ASN Badan Perencanaan Penilitan dan Pengembangan ( BAPELITBANG ). Dalam upacara tersebut Wakil Bupati Batang Suyono bertindak selaku inspektur Upacara.

Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Batang, Drs H Nasikhin MH mengatakan, pengarustamaan gender tak cukup hanya menjadi wacana, apalagi jargon semata, melainkan harus diaktualisasikan secara nyata. Kata dia, memberdayakan perempuan tidak hanya pada peringatan Hari Kartini saja, tapi di setiap harinya agar para wanita dapat berperan secara maksimal dalam segala hal.

“Semua memiliki peluang yang sama dengan para pria, baik peran dalam kegiatan upacara maupun dalam meraih pprestasi setinggi-tingginya,” kata Nasikhin yang juga Sekda Kabupaten Batang.

Dia menyebut komitmen dan kebijakan tentang persamaan derajat pria dan wanita sejauh ini telah diimplementasikan di Kabupaten Batang. Sebagai contoh, banyak juga wanita yang menduduki jabatan eselon di Pemkab. Karena itu, tidaklah heran kalau petugas upacara juga dipercayakan kepada kaum wanita.

“Nyatanya kualitasnya sama dan bisa diandalkan. Meski petugasnya perempuan, proses upacara bendera tadi (kemarin -red) bisa berjalan lancar dan sukses, tanpa mengurangi kekhidmatan upacara bendera,” terang Nasikhin.

Dijelaskan pula, dalam perayaan HUT Korpri, pihaknya lebih fokus pada peningkatan kopetensi. Hal itu direalisasikan antara lain melalui acara ceramah kompetensi bagi ASN. Terlebih, mengacu regulasi, nantinya semua pejabat akan diuji kompetensinya.

“Peningkatan kompetensi dan integritas menjadi keharusan bagi ASN Pemkab Batang. Peningkatan ini berimplikasi pada pelayanan publik yang akan dirasakan dan dinikmati langsung oleh masyarakat,” Jelas Nasikhin

Wakil Bupati Suyono juga meminta kepada seluruh ASN yang kemarin berulang tahun agar meningkatkan ingritas dalam melayani masyarakat, inovasi dan kreatifitas harus terus muncul untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat namun tidak melanggar regulasi. “Tingkatkan pelayanan publik sesuai standar yang ditetapkan, karena kita menjadi ASN sudah disumpah mengabdi dan melayani negara dan masyarakat,” pesannya. (fel)

PENULIS: M DHIA THUFAIL