Radar Kendal

Guru Tak Boleh Berhenti Belajar

Kepala Disdikbud Kabupaten Kendal, Agus Rifai

Kepala Disdikbud Kabupaten Kendal, Agus Rifai

KENDAL – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) haruslah dijadikan momentum untuk seorang pendidik agar terus meningkatkan kemampuannya dalam mentranfer ilmu kepada anak didik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal, Agus Rifai mengatakan, sekarang ini anak didik semakin cerdas sehingga seorang guru harus meningkatkan kemampuannya dalam mengajar supaya tidak ketinggalan.

“Anak-anak semakin cerdas, tidak tahu bisa buka internet, sehingga guru perlu meningkatkan kemampuan. Oleh karenanya, momentum peringatan hari guru harus dijadikan semangat untuk terus belajar,” katanya.

Tugas seorang guru menurut Agus sangat mulia karena bukan hanya mengajar saja, melainkan juga mendidik. Proses mendidik itulah yang sangat menentukan karakter para siswa kelak hingga nanti menjadi apa yang dicita-citakan. Ia menambahkan, jika tidak ada guru maka tidak akan ada yang namanya manager, menteri, presiden, bahkan seorang pengusaha juga membutuhkan guru.

“Jasa, guru itu luar biasa, bahkan salah satu kebaikan yang pahalanya akan dibawa mati karena menyampaikan ilmu yang berguna kepada orang lain,” imbuhnya.

Agus pun berpesan agar para guru menjadi guru jaman now yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman, sehingga semakin modern dan dapat memanfaatkan tekhnologi dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, bercermin pada kasus yang baru-baru ini, seorang guru haruslah tegas dan memiliki kewibawaan supaya anak didik juga segan.

“Menjadi guru juga bukan hal mudah, maka harus didukung dengan terus belajar. Artinya, menjadi guru juga harus melek tekhnologi,””pungkasnya.(fik)

PENULIS: AKHMAD TAUFIK

Facebook Comments