Nasional

Tahun Depan, Honorer K2 Terima Rp 900 Ribu Per Bulan

Tahun depan insentif untuk honorer kategori 2 (K2) direncanakan bakal mengalami kenaikan. Kenaikan insentif tersebut direncanakan sebesar Rp 900 ribu per bulan. Hal itu diungkapkan lansung oleh Bupati Haryanto.

Bupati menilai kenaikan itu sebagai bentuk perhatian pemerintah atas dedikasi penabsian yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun di sekolah. Secara bertahap dana insentif itu akan kami tambah.

”Untuk tahun ini memang masih Rp 700 ribu setiap bulannya, tetapi untuk tahun depan sudah kami tambah menjadi Rp 900 ribu perbulan,” ungkapnya usai melakukan sosialisasi tentang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Gedung PGRI Pati, Jumat (23/11) lalu.

Bupati Haryanto berharap, dengan adanya tambahan insentif tersebut, para honorer tetap bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Pihaknya juga mengaku akan menyamakan insentif tesebut dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK). Namun diakuinya masih membutuhkan proses secara bertahap.

“Upaya untuk menyamakan dengan UMK itu tetap ada. Tetapi memang membutuhkan proses, seperti penambahan setiap tahunnya ini. Kami tetap memperhatikan para honorer, ” imbuhnya.

Sementara itu, terkait honorer yang menginginkan langsung diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) tanpa melalui seleksi, dirinya juga menanggapi hal tersebut. Bupati Haryanto mengaku tidak bisa mengupayakan permintaan itu, mengingat regulasi dari pusat memang tidak ada pengkhususan honorer tanpa seleksi.

”Regulasi dari pemerintah sudah jelas. Jadi kami tidak bisa mengupayakan untuk itu. Kecuali nanti pemerintah pusat membuat regulasi baru untuk mengakomodir para hinorer ini,” papar Haryanto di hadapan para guru tersebut. (aua/him)

Facebook Comments