Terima Aduan Masyarakat, Kecurangan Seleksi Perangkat Akan Ditindak

by
Seleksi Perangkat Desa
SELEKSI - Beberapa peserta seleksi perangkat desa saat berada di lokasi tes, Kamis lalu. AKHMAD TAUFIK
Seleksi Perangkat Desa
SELEKSI – Beberapa peserta seleksi perangkat desa saat berada di lokasi tes, Kamis lalu.
AKHMAD TAUFIK

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal mempersilahkan masyarakat yang ingin mengadukan temuan pelaksanaan tes seleksi perangkat desa yang dilaksanakan serentak pada Kamis (22/11) lalu. Jika ada temuan kecurangan, pelaku akan ditindak tegas sesuai mekanisme yang berlaku.

Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Kendal, Anwar Haryono mengatakan, secara umum pelaksanaan tes seleksi perangkat desa yang dilaksanakan serentak dengan menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) berjalan lancar. Namun demikian, pihaknya tetap akan terbuka jika ada laporan atau aduan warga terkait pelaksanaannya.

“Meski secara resmi kita belum memiliki posko pengaduan, tetapi jika ada aduan pasti kami layani dan tindak lanjuti dengan semestinya,” ungkapnya, baru-baru ini.

Karena itu, Anwar meminta masyarakat tak perlu ragu untuk melaporkan setiap dugaan pelanggaran dalam pelaksanaan tes. “Masyarakat bisa datang langsung ke kantor kami di Bagian Pemerintahan Setda Kendal jika memang ada temuan kecurangan selama proses seleksi,” ucapnya.

Komitmen yang sama juga disampaikan Wakil Bupati Masrur Masykur saat monitoring pelaksanaan tes di sejumlah lokasi, Kamis lalu. Meski belum ditemukan kecurangan, pihaknya tetap akan memantau proses dan tahapan seleksi sampai selesai. Bahkan, jika ada kendala pada pelaksanaan tes lalu, Pemkab juga pasti akan mencarikan solusinya.

“Kami juga minta bantuan dari masyarakat untuk mengawasi proses seleksi ini. Jika ada temuan kecurangan, segera lapor kami,” tegasnya.

Beberapa lokasi tes yang dikunjungi Wabup, antara lain SMKN 4 Kendal, SMPN 1 Brangsong, SMAN 1 Cepiring, dan SMAN 1 Kendal. Pemantauan itu untuk mengetahui langsung seluruh proses tes dengan sistem CAT, mulai kesiapan tim assesment dan panitia seleksi, hingga proses munculnya nilai di layar. “Kami sudah memantau secara langsung. Hingga saat ini belum ada indikasi tindak kecurangan,” terangnya. (fik)